Pemain Keturunan Indonesia Bakal Tampil di Serie A Musim Depan

Football5star.com, Indonesia – Klub promosi Serie A Italia musim depan, Lecce ternyata memiliki pemain berdarah Indonesia. Ia adalah Thom Haye, pemain yang berposisi sebagai gelandang.

Thom Haye merupakan pemain buangan dari klub Liga Belanda Willem II. Kontraknya di Willem II yang tak diperpanjang membuat Lecce mendapatkan pemain 24 tahun ini secara gratis.

Darah Indonesia di dapat Thom Haye dari keluarga sang Ayah. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini lama menghabiskan karier sepak bolanya di Liga Belanda.

Ia sempat menjadi pemain FC Twente dan juga AZ Alkmaar. Pada 2014 lalu seperti dikutip dari soccerway, Minggu (13/5/2019), ia lakoni debut bersama AZ yang kala itu dilatih oleh mantan pelatih timnas Belanda, Dick Advocaat.

View this post on Instagram

Enjoying the vacation 🇲🇨

A post shared by Thom Haye (@thomhaye) on

Pada debut pertamanya bersama AZ, Thom tak mampu membawa klubnya terhindar dari kekalahan atas AFC Ajax. Meski menetap di Belanda dan sempat merasakan membela timnas U-16, Ajax, Thom tak pernah melupakan Indonesia.

Lewat akun Instagram pribadinya, Thom sempat mengunjungi Bali. “Enjoying the vacation” tulis Thom.

Nama Thom Haye sendiri sempat masuk ke dalam radar Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada 2017 lalu. Setidaknya 24 nama pemain berdarah Indonesia yang berkarier di Belanda dan Belgia terjaring dalam data yang dikeluarkan Kemenpora.

Data ini diterima dari Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kemenlu melalui surat No. 00862/DM/03/59/09 tanggal 20 Maret 2017 yang ditujukan kepada Menpora berdasarkan informasi pendataan dari KBRI di Den Haag.

Pemain Keturunan Indonesia Bakal Tampil di Serie A Musim Depan (Facebook Robert Haye)

“Selain itu, kepada mereka ini pun masih perlu dikonfirmasi bersedia atau tidaknya bergabung dengan Timnas Indonesia, karena tugas Perwakilan Indonesia di Eropa hanya melakukan pendataan” tulis rilis Kemenpora saat itu.

Pada pertandingan melawan Spienza yang membawa Lecce promosi, Thom Haye tidak di mainkan. Di pentas Serie B musim ini pemain kelahiran 9 Februari 1995 tersebut melakoni 13 pertandingan.

Comments
Loading...