Pemain Keturunan Indonesia Dilecehkan Publik Sepak Bola Inggris

Football5star.com Indonesia – Joey Pelupessy memang bukan nama populer di kancah sepak bola dunia. Namun, sebagian penggemar sepak bola di tanah air mengenalnya karena memiliki darah Indonesia.

Belakangan, Pelupessy tengah mendapat cobaan berat, ramai dihujat oleh publik sepak bola di Inggris, terutama para penggemar Sheffield Wendesday.

Pada awal Maret lalu, Joey Pelupessy dimainkan oleh manajer Sheffield Wednesday, Garry Monk, ketika menghadapi Manchester City pada ajang Piala FA. Kekalahan harus dirasakan Wednesday dalam laga di Stadion Hillsborough itu akibat gol tunggal Sergio Aguero.

Joey Pelupessy, Pemain Berdarah Indonesia Ramai Dihujat Publik Sepak Bola Inggris vs Manchester City FA Cup - examinerlivecouk

Permainan bertahan Sheffield Wednesday sejatinya mampu membuat Manchester City kerepotan. Buktinya, tim tamu cuma bisa mencetak satu gol meski menguasai permainan hingga 80 persen. Bagaimana tidak, Sheffield Wednesday memang bermain dengan 5 bek pada laga itu.

Imbasnya adalah dominasi Manchester City membuat para pemain tuan rumah sangat jarang menyentuh bola lama-lama. Performa individu para pemainnya pun di bawah rata-rata. Salah satu yang mendapat sorotan tajam adalah Joey Pelupessy.

Joey Pelupessy Tak Terlihat Sepanjang Laga

Pemain berdarah Belanda-Indonesia itu menuai banyak kritik, baik dari fans hingga para pakar. Salah satunya mantan bek timnas Inggris yang menjadi komentator ESPN pada laga tersebut, Matthew Upson.

“Saya tak ingat kapan dia memegang bola. Jika anda melihatnya, setiap penguasaan bola berbalik, dia berdiri tanpa ada pergerakan,” sindir Matthew Upson.

Senada dengan yang dikatakan komentator lain, Guy Mowbray. “Joey Pelupessy, kita kesulitan melihat dia. Sepertinya saya tak pernah melihat dia ada di lini tengah. Dia sangat minim terlibat dalam permainan,” kritiknya.

Joey Pelupessy, Pemain Berdarah Indonesia Ramai Dihujat Publik Sepak Bola Inggris vs Manchester City FA Cup - thestarcouk

Pada pertandingan babak 16-besar Piala FA melawan Manchester City itu, Pelupessy memang bukan nama populer di kalangan fans. Hampir sebagian besar fans Sheffield Wednesday melontarkan kritik melalui media sosial.

“Apakah Joey Pelupessy bermain?” sindir akun @johnada75157425. Lalu ditambahkan pula oleh @RocketOwl1986, “Ada yang memberi penilaian untuk De Cruz? Aku menaruhnya di tempat sampah bersama Pelupessy”.

Pada musim ini, pemain yang masih bisa membela timnas Indonsia itu sudah bermain sebanyak 17 kali., termasuk 12 di Divisi Championship. Total menit bermainnya adalah 1.126 dengan dua kali mendapatkan kartu kuning.

Statistik Joey Pelupessy vs Man City

Menit: 90
Total sentuhan: 13
Sentuhan babak 1: 3
Sentuhan babak 2: 10
Umpan: 8
Umpan berhasil: 7
Akurasi umpan: 88%
Dribble sukses: 1
Total tackel: 1
Tackle berhasil: 0
Clearance: 1
Interceptions: 0