Pemain Keturunan Indonesia Selalu Mengesankan di Crystal Palace

Football5Star.com, Indonesia – Pemain keturunan Indonesia, Jairo Riedewald, selalu tampil mengesankan bersama Crystal Palace musim ini. Bahkan dia beberapa kali mendapatkan pujian dari manajer Crystal Palace, Rod Hodgson.

Pemain berusia 24 tahun itu memang menjadi salah satu sosok penting bersama Palace sejak didatangkan dari Ajax 2017 silam. Musim ini saja, pemain berposisi gelandang itu sudah mengemas satu gol dalam lima kali penampilan. Golnya dilesakkan saat membawa Palace menang 2-1 di markas Fulham, 24 Oktober lalu.

Situs penyedia data statistik, Whoscored mencatat kalau Jairo Riedewald masuk ke dalam 10 pemain paling berpengaruh di Crystal Palace musim ini. Dia menempati posisi kesembilan dengan meraih rating 6.63, lebih baik dari pemain pinjaman Chelsea, Michy Batshuayi 6.54.

Saat Palace takluk 0-2 dari Wolverhampton Wanderers, pemain keturunan Indonesia ini jua tampil baik. Dia melakukan empat tekel, satu intersep, satu blok tembakan, dan satu umpan kunci. Bahkan Whoscored mencatat kalau Riedewald melakukan 91.7 persen akurasi umpan dalam laga itu.

Football London bahkan memberinya penilaian 7 karena mampu melakukan beberapa umpan bagus, terutama babak kedua. “Secara keseluruhan, kami menjaga kontrol dengan baik dan dalam penguasaan bola kami sabar. Ketika kami memiliki kesempatan untuk mencetak gol atau menjadi berbahaya, kami sangat berbahaya. Saya pikir secara keseluruhan itu adalah penampilan yang bagus untuk tim,” kata Jairo Riedewald usai laga.

Pernah Dipuji Roy Hodgson

Penampilan apiknya bersama Palace pernah mendapatkan pujian dari Roy Hodgson. Persaingan ketat di lini tengah membuat Hodgson mengubah posisinya dari gelandang ke bek kiri. Adaptasinya sangat baik.

“Kami tak pernah tak berkesan dengan Jairo Riedewald dalam dua tahun terakhir. Sebelumnya, dia bersaing di lini tengah. Tapi kami punya komposisi terkuat. Sekarang dia di bek kiri dan menunjukkan skill baik. Kami harap bisa mengembangkannya,” kata Roy Hodgson.

Pemain ini memiliki tiga keturunan sekaligus, yakni Indonesia, Suriname, dan Belanda. Darah Indonesianya mengalir berkat sang nenek yang berasal dari Maluku. Beberapa tahun lalu, ketika Ajax ke Indonesia dia sempat bersua dengan pria yang merupakan sepupu Riedewald, yakni Ronny Markus.

“Dia cucu saya yang baik. Saya harap Jairo (Riedewald) akan menjadi pemain sepak bola yang bagus seperti Ruud Gullit atau Marco van Basten,” kata Ronny dalam Ajax TV.

Crystal PalaceJairo RiedewaldPemain Keturunan Indonesia