Pemain Keturunan Jawa Gagal Bawa Timnya Raih Kemenangan di Liga Jepang

Football5star.com, Indonesia – Pemain keturunan Jawa yang bermain di J2 League, Riki Matsuda gagal mengantarkan timnya, Ventforet Kofu meraih kemenangan. Di lanjutan kompetisi kasta kedua Liga Jepang, Ventforet Kofu hanya meriah hasil imbang 3-3 melawan Albirex Niigata, Minggu (28/6/2020).

Dikutip dari data Soccerway, Matsuda bermain full 90 menit. Pelatih Kofu, Akira Ito mempercayakan Matsuda untuk jadi bomber di lini depan. Ia ditopang oleh dua pemain Brasil, Dudu dan Junior Barros.

Kofu sempar tertinggal terlebih dahulu lewat gol Arata Watanabe pada menit ke-19. Baru pada menit ke-33, Dudu berhasil menyamakan kedudukan. Selang satu menit dari gol pertamanya, Dudu kembali mencetak gol yang membawa Kofu unggul 2-1.

Namun di injury time babak pertama, Watanabe kembali mencetak gol dan membuat skor kembali imbang 2-2. Di babak kedua, pemain asing Niigata, Silvinho membawa Kofu tertinggal 2-3. Untungnya, pemain pengganti, Shusuke Ota mampu mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-90+3.

Laga melawan Niigata menjadi penampilan kedua Matsuda bersama Kofu musim ini. Sebelumnya ia diturunkan oleh Akira Ito saat Kofu meraih hasil imbang 0-0 melawan Machida Zelvia pada 23 Februari lalu.

Riki Matsuda sendiri mengakui bahwa dirinya memang memiliki darah Jawa dari sang ayah. Ia pun menyebut sempat datang ke Indonesia saat masih kecil.

“Ayah saya orang Indonesia. Dia berasal dari Jawa. “Saya sering pergi ke Indonesia saat saya ada di sekolah dasar,” ucapnya.

Riki memiliki saudara kembar bernama Riku Matsuda yang juga berprofesi sebagai pesepak bola. Riku saat ini membela tim JLeague, Cerezo Osaka. Riku tercatat baru dua kali diturunkan di musim ini.