Pemain Keturunan Kanada Sudah Anggap Timnas U-16 Indonesia Rumah Kedua

Football5star.com Indonesia – Victor Jonson Benjamin Dethan menjadi pemain keturunan kedua yang bergabung ke dalam pemusatan latihan timnas U-16 Indonesia. Meski masih baru, pemain blasteran Indonesia-Kanada itu sudah menganggap timnas U-16 sebagai rumah kedua.

Seperti diberitakan sebelumnya, timnas U-16 Indonesia mulai membuka pintu lebar-lebar untuk pemain keturunan. Setelah sebelumnya ada Ronaldo Joybera Kwateh, kini pelatih Bima Sakti kedatangan Victor Jonson Benjamin Dethan.

pssi.org

Sama seperti Ronaldo yang bermain untuk Persib Bandung, Victor juga produk sepak bola dalam negeri. Pemain sayap kanan itu didikan akademi PSM Makassar. Victor memiliki darah Indonesia berasal dari ayahnya yang asli Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sementara sang ibu merupakan orang Kanada.

Victor bergabung sejak tim melakukan pemusatan latihan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, pada 6 Desember 2020. Sebetulnya dia sudah mendapat panggilan ke Timnas U-16 Indonesia pada Januari lalu. Namun, saat itu dia tidak bisa bergabung karena cedera.

“Aku nyaman berada di sini. Ini merupakan rumah kedua bagiku di sepak bola, tentu setelah klub aku. Semua di sini menyambut dengan tangan terbuka, tapi juga diperlakukan sama seperti yang lain,” kata Victor Jonson Benjamin Dethan, dikutip Football5star.com dari laman PSSI.

Victor mengaku tak kesulitan beradaptasi dengan rekan-rekan baru di timnas U-16. Dia juga mengaku tak kesulitan menghadapi latihan berintensitas tinggi dari pelatih Bima Sakti.

“Aku sudah terbiasa dan akrab serta bisa berbaur dengan teman-teman lain. Apalagi dalam tim, kami diatur juga saat makan dan tidurnya,” urai dia menceritakan soal peraturan partner tidur dan makan yang dirotasi. Tujuannya agar bisa saling kenal dan berteman baik dengan yang lain.

“(Latihan) intensitasnya juga tinggi, namun aku tidak masalah dan masih bisa mengikutinya,” sebut dia memungkasi.

Bima SaktiRonaldo KwatehTimnas U-16 IndonesiaVictor Jonson Benjamin Dethan