Pemain Sarankan Manajemen Klub Indonesia Tonton Sunderland ‘Til I Die

Football5Star.com – Pemain Bali United, Leonard Tupamahu, menyarankan manajemen dan suporter Indonesia menyaksikan serial film di Netflix berjudul Sunderland ‘Til I Die. Sebab, di sana merupakan kisah nyata dari perjuangan pemain.

Film ini memang merupakan kisah perjuangan Sunderland yang baru saja terdegradasi dari Premier League ke Championship League. Keterpurukan itu bikin manajemen klub berjuang tapi tak cukup hingga kesulitan finansial.

Dengan pemain seadanya, Sunderland yang diharapkan bisa bangkit malah kian terpuruk. Film itu jua menceritakan tentang bagaimana cara kelola tim dan perjuangan tim. Hal inilah yang harusnya dilihat dari manajemen klub Indonesia, khususnya tentang bagaimana mengatur tim dengan kondisi keuangan tim terbatas.

“Ada Sunderland ‘Til I Die. Itu bagus banget. Saya rekomendasikan. Bisa melihat kehidupan nyata pemain. Perjuangan pemain,” ungkap Leonard Tupamahu dikutip dari Youtube Bali United.

Pemain Sarankan suporter dan Manajemen Indonesia Saksikan Sunderland 'Til I Die

“Perjuangan manajemen saat timnya harus degradasi. Itu bagus juga untuk manajemen menonton. Dari sisi suporter juga menonton,” sambung bek berusia 36 tahun tersebut.

Leonard sendiri mengaku selain melakukan latihan mandiri, hari-harinya saat pandemi virus corona COVID-19 dihabiskan dengan menonton film. Selain Sunderland ‘Till I Die, ada juga film lain yang direkomendasikannya.

“Lalu The Last Dance. Cerita tentang Michael Jordan dan Chicago Bulls. Itu bagus juga,” pungkas eks bek Persija Jakarta dan Borneo FC tersebut.