Pemerintah Islandia Boikot Piala Dunia 2018

Football5Star.com, Indonesia – Tak akan ada perwakilan pemerintah Islandia di Piala Dunia 2018. Hal itu dipastikan setelah pemerintah negeri itu membekukan hubungan diplomatik dengan Rusia, Senin (26/3/2018). Dalam pernyataan resminya, langkah tersebut diambil sebagai bentuk solidaritas kepada Inggris dan negara-negara Eropa Barat lain.

“Semua sekutu dan partner terdekat Islandia telah memutuskan untuk mengambil langkah terhadap Rusia menyusul serangan di Salisbury. Termasuk di antaranya negara-negara Nordic, kebanyakan negara anggota NATO, demikian pula beberapa negara Uni Eropa,” sebut pernyataan resmi pemerintah Islandia di situs resminya.

Islandia saat uji tanding lawan Meksiko.
lasirena.la

Lebih lanjut, dalam pernyataan resmi tersebut diungkapkan, “Di antara tindakan yang diambil Islandia adalah penangguhan sementara semua dialog bilateral tingkat atas dengan penguasa Rusia. Konsekuensinya, para pemimpin Islandia tidak akan menghadiri Piala Dunia di Rusia pada musim panas ini.”

Putusan tersebut pun telah disampaikan secara resmi kepada pihak negara pecahan Uni Soviet itu. Dalam pernyataan resmi tersebut dinyatakan, Duta Besar Rusia telah dipanggil menghadap menteri luar negeri negara beribu kota Reykjavik tersebut guna menerima putusan tersebut.

Ketiadaan pejabat tinggi negara sebenarnya sangat disayangkan. Pasalnya, ini adalah momen bersejarah bagi sepak bola di negara asal Eidur Gudjohnsen tersebut. Inilah kali pertama timnas negeri itu berkiprah di Piala Dunia.

Di Piala Dunia 2018 tim berjuluk Strakarnir Okkar itu tergabung di Grup D bersama Argentina, Kroasia, dan Nigeria. Tim asuhan Heimir Hallgrimsonn akan menjalani laga perdana melawan Argentina di Otkritie Arena, Moskow, pada 16 Juni 2018.

Comments
Loading...