Pemilihan Presiden Barcelona Ditunda, Masa Depan Messi Bisa Terancam

Football5star.com, Indonesia – Pemilihan presiden Barcelona tengah jadi perdebatan di masyarakat Catalan. Muncul rumor untuk meunda pemilihan presiden Barcelona. Alasannya tentu saja karena pandemi Covid-19.

Namun menurut calon presiden Barcelona, Joan Laporta, penundaan pemilihan bakal merugikan klub. Salah satu kerugian yang bisa saja dialami oleh Barca ialah soal masa depan Lionel Messi.

Joan Laporta ingin Barcelona kembali mencetak 6 gol di kandang Real Madrid seperti pada 2009.

Sesuai dengan pembicaraan terakhir Messi dengan manajemen klub, akhir Januari ini, La Pulga seharusnya ke meja perundingan untuk membicarakan masa depannya di Nou Camp. Selain itu, per 1 Januari lalu, Messi secara legal bisa berdiskusi dengan klub lain, hal ini lantaran akhir Juni 2021, kontraknya telah berakhir.

“Penundaan pemilu membahayakan kemungkinan pembaruan kontrak Leo,” kata Laporta seperti dikutip Football5star.com dari Marca, Rabu (20/1/2021).

“Klub lain tentu saja bisa melihat ini dan memanfaatkannya. Situasi seperti ini sama sekali tidak menguntungkan Barcelona. Sebuah audit harus dilakukan sebelum munculnya tawaran pertama,” tambah Laporta.

“Saya selalu mendukung melakukan pemungutan suara secepat mungkin. Barcelona tak bisa hidup tanpa presiden baru. Apa pun yang dilakukan itu harus memperhitungkan proses ini berjalan adil,” tegas Laporta.

Pada Desember 2020, pihak klub menetapkan tanggal untuk pemilihan presiden baru akan dilakukan pada 24 Januari 2021. Sedangkan untuk kampanye pemilihan akan diadakan mulai 15 hingga 22 Januari.

Sesuai kesepakatan dengan pemerintah daerah Catalan, tempat pemungutan suara akan berlokasi di Tarragona, Tortosa, Lleida, Girona, Andorra, Madrid, Seville, dan Palma, bagi mereka yang tidak dapat memberikan suara di kantor Camp Nou.

Menurut aturan, hanya socio (anggota klub) yang berhak memberikan suara dalam pemilihan nanti. Seorang Socio harus berusia minimal 18 tahun dan harus menjadi anggota klub setidaknya selama satu tahun. Saat ini jumlah socio diperkirakan mencapai 144 ribu orang. Suporter bisa mengajukan diri menjadi socio.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More