Pendapatan Bayern Tembus Angka 640 Juta Euro

Football5Star.com, Indonesia – Hanya berhasil meraih trofi juara Bundesliga 1 pada musim lalu tak terlalu berpengaruh terhadap pendapatan Bayern Munich. Seperti dilansir situs resmi Die Roten pada Sabtu (21/10/2017), Bayern berhasil menembus pendapatan 640 juta euro, tepatnya 640,458 juta euro. Itu meningkat 13,658 juta euro dari musim sebelumnya.

Sudah dapat diterka, keuntungan yang diperoleh Bayern pada musim lalu pun meningkat. Untuk musim lalu, total keuntungan setelah dipotong pajak mencapai 39,19 juta euro. Itu naik 18,6 persen dari keuntungan musim sebelumnya yang hanya 33 juta euro.

Jan Christian Dreesen dan Karl-Heinz Rummenigge, dua petinggi Bayern Munich.
abendzeitung-muenchen.de

Menurut Direktur Finansial Bayern Jan-Christian Dreesen, sebenarnya pendapatan Bayern bisa lebih besar lagi andai berprestasi lebih baik di Liga Champions dan DFB Pokal. Menurut dia, kegagalan lolos dari perempat final Liga Champions dan melaju ke final DFB Pokal membuat Die Roten kehilangan potensi pendapatan sebesar 25 juta euro.

“Meskipun demikian, kami masih mampu meraup pendapatan dan tetap menjadi salah satu klub teratas di Eropa dalam hal finansial. Hal terpenting dari kenaikan pendapatan adalah keuntungan juga meningkat,” terang Dreesen. “Dalam hal ini, kami melihat peningkatan dua digit di semua indikator penting. Aliran pendapatan masih lancar sehingga kami bisa percaya diri menatap ke depan dan tetap independen.”

Menurut CEO Karl-Heinz Rummenigge, kesuksesan finansial saat ini tak terlepas dari putusan penting yang dibuat 15 tahun lalu. Saat itu, Bayern memutuskan departemen sepak bola menjadi perusahaan publik terbatas. “Saat itu, pendapatan awal kami hanya 162,7 juta euro. Kini, itu sudah mencapai empat kali lipat. Adapun jumlah member meningkat tiga kali lipat menjadi 290.000,” jelas dia.

Di antara klub-klub besar Eropa, pendapatan Bayern yang sebesar 640,458 juta euro masih kalah dari tiga klub lain. Berdasarkan laporan keuangan yang telah dirilis, Barcelona mampu meraup pemasukan 708 juta euro dengan keuntungan 18 juta euro. Di belakang Barcelona ada Real Madrid dengan pendapatan 675 juta euro dan keuntungan 21,4 juta euro. Sementara itu, di posisi ketiga ada Manchester United yang membukukan pemasukan 659 juta euro dengan keuntungan sebesar 50 juta euro.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More