Pendukung Juventus Akhirnya Hormati Tragedi Superga

Football5star.com, Indonesia – Laga panas bertajuk Derby della Mole antara Juventus vs Torino di Stadion Allianz Sabtu (4/5/2019) dinihari WIB menyuguhkan satu pemandangan menarik dari tribun. Pendukung tuan rumah membentangkan spanduk raksasa untuk menghormati tragedi Superga.

Sudah menjadi rahasia umum jika rivalitas Juventus dan Torino membuat kedua belah fan kerap bersinggungan dalam banyak aspek. Saking panasnya rivalitas dan kebencian mereka,  tragedi maut Superga yang terjadi puluhan tahun silam yang merenggut nyawa pemain-pemain Torino kerap disambut sinis oleh Juventini.

Tidak jarang mereka membentangkan spanduk yang menghina kejadian nahas di sejarah sepak bola Italia itu. Baik ketika masih bermarkas di Stadion Delle Alpi hingga kini di Stadion Allianz, fan Juve tidak pernah menghormati kejadian yang memutus era keemasan Il Toro yang dikenal dengan sebutan Grande Torino.

superga (@ruggierofilann4)
@ruggierofilann4

Namun sekarang hinaan seperti dulu tidak terjadi lagi. Pada Derby della Mole edisi 167 dinihari tadi mereka akhirnya menunjukkan rasa hormat pada mendiang Valentino Mazzola dan kolega.

“Hormati kejatuhan Superga,” demikian spanduk raksasa yang dibentangkan Juventini di Curva Sud mereka. Aksi ini pun mendapat sambutan luar biasa dari seisi stadion dan juga seluruh Italia, termasuk pemain Juve, MIralem Pjanic.

Sebagai informasi, tragedi Superga terjadi pada 4 Mei 1949 silam. Ketika itu pesawat yang membawa skuat Torino dari Portugal jatuh di bukit Superga. Seluruh penumpang yang berisikan skuat Grande Torino meninggal seketika dalam kejadian nahas itu.

Comments
Loading...