Pengadilan Prancis Tolak Gugatan Tiga Klub Ligue 1

Football5star.com, Indonesia – Pengadilan di Paris, Prancis pada Jumat (22/5/2020) waktu setempat menolak gugatan tiga klub Ligue 1 terkait keputusan mengakhiri kompetisi musim ini.

Ketiga klub tersebut yakni Toulouse, Amiens, dan Lyon menolak penghentian kompetisi Ligue 1 musim ini akibat pandemi corona. Akibat dari penghentian kompetisi tersebut, Toulouse dan Amiens terdegradasi sedangkan Lyon tidak bisa bermain di kompetisi Eropa musim depan.

Olympique Lyon - Jean-Michel Aulas - Ligue 1 - @ol

Dikutip Football5star.com dari reuters, Sabtu (23/5) hakim pengadilan Paris menilai bahwa keputusan dari otoritas Liga Prancis, LFP hanya bisa dianulir oleh Dewan Negara.

“Secara logis mempertahankan, bahwa keputusan yang diambil oleh dewan direksi liga pada 30 April hanya bisa ditentang di hadapan Dewan Negara,”

Sebelumnya, pihak Lyon menganggap bahwa otoritas LFP memang tidak berniat untuk melanjutkan pertandingan di musim ini. Padahal menurut Lyon, kompetisi di negara lain sudah bersiap kembali akan digulirkan, termasuk Bundesliga yang sudah berjalan.

Pernyataan tak jauh berbeda juga diutarakan oleh Amiens. Menurut pihak Amiens, keputusan penghentian Liga Prancis ini sangat iidak adil.

“Keputusan itu merupakan hukuman dari liga. Itu sangat tidak adil,” kata presiden klub Amiens, Bernard Joannin.

“Musim 2019/2020 dalam olahraga profesional, termasuk sepakbola tidak bisa dilanjutkan,” kata Perdana Menteri Edouard Philippe beberapa waktu lalu.