Biaya Piala Dunia 2022 Termahal Sepanjang Sejarah

Football5star.com, Indonesia – Qatar tidak main-main dalam menyukseskan Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di tanah mereka. Untuk membuat mata dunia terpikat, mereka menggelontorkan dana hingga triliunan dolar hanya untuk membangun sembilan stadion baru. Belum lagi ada tiga stadion yang direnovasi.

Baru-baru ini, AS merilis 12 stadion yang akan digunakan untuk pertandingan nanti menembus angka 6 triliun dolar. Sebagai perbandingan, Rusia mengeluarkan 11 triliun dolar AS untuk mencakup semua hal dari mulai konstruksi stadion dan biaya persiapan lain.

Dohanews.co merilis, total pengeluaran negara untuk persiapan Piala Dunia 2022 mencapai 220 triliun dolar AS. Jumlah ini 60 kali lebih banyak daripada yang dikeluarkan Afrika Selatan (3,5 triliun dolar AS) ketika menggelar turnamen serupa pada 2010 silam.

Menang atas tuan rumah, Kroasia punya modal istimewa hadapi Inggris di semifinal Piala Dunia 2018. (football5star.com / presscute.com)

Biaya besar ini disinyalir merupakan bagian dari rencana jangka panjang Qatar untuk membangun sepak bola dalam negeri mereka. Menurut penanggung jawab penyelenggara, Hassan Al Thawadi, nantinya fasilitas-fasilitas tersebut bisa tetap digunakan untuk kepentingan sepak bola setelah Piala Dunia rampung.

“Target utama kami jelas lebih dari turnamen. Kami bekerja untuk negara ini dan mempertimbangkan sektor investasi lain. Salah satu contoh dari aspek transportasi jadi lebih memadai karena adanya metro. Belum lagi ada proyek-proyek lain yang pastinya akan berguna untuk kepentingan masyarakat,” katanya.

“Tidak diragukan lagi, pembangunan seperti ini juga bisa menjadi cara positif negara untuk mempromosikan kemajuan ekonomi. Kami berkaca pada Rusia yang sukses menggelar penyelenggaraan seperti ini tahun lalu,” katanya melanjutkan.

Piala Dunia 2022 akan tetap diikuti oleh 32 tim dari lima benua. Sebelumnya, ada rencana penambahan anggota menjadi 48, namun rencana itu ditolak oleh majelis tertinggi FIFA.

Comments
Loading...