Penyebab Wasit Bolivia Meninggal Dunia di Atas Lapangan

Football5star.com, Indonesia – Seorang wasit meninggal di atas lapangan karena mengalami serangan jantung pada kompetisi teratas Liga Bolivia. Victor Hugo Hurtado, tumbang ketika sedang memimpin pertandingan antara Always Ready vs Oriente Petrolero, Minggu (19/5) kemarin.

Wasit 31 tahun tersebut meninggal dunia dalam perjalanan menuju rumah sakit. Newsday merilis, Victor tumbang karena mengalami gangguan asupan oksigen karena ketinggian. Patut diketahui, pertandingan tersebut berlangsung di ketinggian 3.200 meter di atas permukaan laut.

Artinya, kadar oksigen yang tersedia tidak sebanyak di seperti di dataran rendah. Victor sempat memimpin laga babak pertama. Namun, ketika babak kedua baru bergulir dua menit, ia tumbang secara tiba-tiba. Para pemain dan petugas kesehatan langsung mendekat untuk melakukan pertolongan pertama.

Dokter tim Always Ready, Eric Kosziner memaparkan wasit itu mengalami dua serangan jantung. Pertama ketika masih di atas lapangan, kedua ketika dalam perjalanan menuju rumah sakit. Kabar ini langsung sampai ke telinga Presiden Bolivia, Evo Morales.

“Kami menyesalkan kejadian yang menimpa wasit Victor Hugo Hurtado. Kami mengucapkan turut berduka cita mendalam. Semoga keluarga yang ditinggalkan bisa kuat menghadapi musibah ini,” katanya dalam cuitan di Twitter.

Pertandingan sepak bola di atas ketinggian memang sempat menjadi kontroversi sejak FIFA masih dipimpin Sepp Blater. Banyak pihak yang mempertanyakan tingkat kesehatan bertanding di ketinggian sedemikian rupa di tengah rendahnya kadar oksigen. Namun, hingga kini pihak otoritas setempat masih menyelidiki apakan benar penyebab meninggalnya Victor karena oksigen.

Comments
Loading...