Penyelesaian Akhir Barcelona Dianggap yang Terburuk di Eropa

Football5star.com, Indonesia – Barcelona jalani musim 2020-21 dengan tidak konsisten. Anak asuh Ronald Koeman itu hingga pekan ke-16 masih berada di posisi keempat klasemen Liga Spanyol.

Dari 16 laga yang Lionel Messi dkk mainkan di Liga Spanyol, Barca tercatat telah mencetak 30 gol sama dengan Real Madrid di posisi kedua dan unggul 1 gol dibanding pemuncak klasemen Atletico Madrid. Meski begitu, Barca dianggap sebagai tim dengan penyelesaian akhir yang buruk di Eropa.

Huesca vs Barcelona - Liga Spanyol - Frenkie de Jong - Reuters 2

Dikutip Football5star.com dari Marca, Kamis (7/1/2021), meski memiliki jumlah gol sama dengan Real Madrid, pemain Barca secara angka statistik mempunya banyak peluang emas yang tak berbuah gol.

Menurut perhitungan analisis xGy tembakan Barca, seharusnya mereka mampu mencetak lebih dari 30 gol. Plot xG sebagai sepakan pemain Barca per pertandingan masih sangat tinggi dibanding dengan tim-tim lain di Liga Spanyol.

Sekedar informasi, Statistik expected goals (xG) merupakan peluang sebuah tembakan menjadi gol. xG bisa menggambarkan kualitas peluang. Setiap tembakan memiliki nilai xG masing-masing dengan angka dari nol hingga satu, nol artinya tidak mungkin menjadi gol dan satu artinya pasti menjadi gol.

Berdasarkan perhitungan statistik Marca, Lionel Messi menjadi masalah yang membuat penyelesaian akhir Barca dianggap yang terburuk di Eropa. Messi secara statistik baru mencetak 4,89 gol saja. Padahal dari rataaan tembakan Messi per pertandingan yang mencapai 6.43 kali pertandingan, ia seharusnya bisa mencetak 7 gol.

Tidak hanya Messi, pemain kedua dengan tembakan terbanyak namun sangat sedikit mencetak gol ialah Martin Braithwaite. Pemain asal Denmark ini memiliki selisih sangat besar antara gol yang dicetak dengan tembakan yang lepaskan per pertandingan. Selisih angkanya mencapai 3,3 lebih sedikit dibanding Messi.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More