Pep Guardiola Jelaskan Putusan Tak Pasang Aguero dan Jesus

Football5Star.com, Indonesia – Ada hal yang terbilang janggal pada susunan pemain Manchester City pada leg I semifinal Carabao Cup, Rabu (8/1/2020) dini hari WIB. Manajer Pep Guardiola tak memasang Sergio Aguero ataupun Gabriel Jesus pada laga di markas Manchester United tersebut.

Pada laga di Stadion Old Trafford itu, Manchester City tampil tanpa penyerang murni. Trisula lini depan diisi tiga gelandang serang, yakni Riyad Mahrez, Raheem Sterling, dan Bernardo Silva. Ini terbilang mengejutkan karena Pep Guardiola menargetkan kemenangan.

Mengenai hal itu, Pep Guardiola punya penjelasan tersendiri. Menurut dia, penggunaan false nine atau formasi tanpa striker murni tak terlepas dari antisipasi terhadap kekuatan lawan. Sebelumnya, dia memang mengungkapkan kewaspadaan terhadap para pemain cepat milik Manchester United.

Bernardo Silva dipasang Pep Guardiola di posisi yang biasanya diisi Sergio Aguero atau Gabriel Jesus.
standard.co.uk

“Saya memutuskan ini demi tim. Saya memutuskan, untuk hari ini, para pemain inilah yang tampil. Itu sesuai dengan cara main yang kami inginkan,” ujar Pep Guardiola selepas pertandingan kepada Sky Sports seperti dikutip Football5Star.com dari Manchester Evening News.

Lebih jauh, eks pelatih Barcelona itu mengungkapkan, putusan tersebut diambil karena dirinya menengarai Red Devils akan tampil seperti saat mengalahkan mereka di Stadion Etihad beberapa waktu lalu. Untuk itulah, dia menginginkan sebuah perubahan.

“Pada tahun-tahun terakhir memang seperti itu. Sekarang, dengan (Mason) Greenwood, (Anthony) Martial, (Marcus) Rashford, (Jesse) Lingard, dan Dan James. Mereka itu luar biasa cepat. Mereka adalah tim yang hebat dalam melakukan serangan balik. Salah satu yang terbaik di dunia,” urai Guardiola.

Pria yang sempat menangani Bayern Munich itu menambahkan, “Tentu saja kami harus mengontrol situasi ini. Tanpa itu, mustahil mengalahkan mereka dan lolos ke final. Ini adalah pertandingan 180 menit. Kami coba membuat banyak operan, menguasai bola, dan pada saat yang tepat menyerang mereka.”

Putusan Pep Guardiola bebuah manis. Manchester City pulang dengan kemenangan 3-1 berkat gol-gol Bernardo Silva, Mahrez, dan bunuh diri Andreas Pereira. Adapun gol balasan Manchester United dijaringkan Marcus Rashford.

Comments are closed.