Pep Guardiola Ungkap Peran Penting Asisten Barunya Musim Ini

Football5Star.com, Indonesia – Manchester City masih terus melaju mulus di pentas Premier League. Senin (22/1/2021) dini hari WIB, tim asuhan Pep Guardiola menang 1-0 di markas Arsenal. Itu membuat mereka membukukan 18 kemenangan beruntun di semua ajang kompetisi.

Hasil itu terbilang mengejutkan. Perjalanan The Cityzens sebetulnya tidaklah mudah. Beberapa masalah sempat muncul. Salah satu yang paling menonjol adalah ketiadaan striker ulung yang dapat diandalkan mendulang gol. Sergio Aguero dibekap cedera, sedangkan produktivitas Gabriel Jesus menurun.

Akan tetapi, apa pun masalah yang ada, Guardiola selalu punya jawaban jitunya. Kejutan demi kejutan terus muncul. Dari pergeseran posisi Kevin De Bruyne sebagai false nine hingga unjuk gigi John Stones dan Ilkay Guendogan dalam hal membobol gawang lawan.

Juan Manuel Lillo jadi sosok yang sangat penting bagi Pep Guardiola di Manchester City musim ini.
liverpoolecho.co.uk

Banyak orang menilai semua itu berkat kegeniusan Guardiola yang diakui sebagai salah satu pelatih terbaik dunia dalam satu dekade terakhir. Namun, bila dicermati, itu juga tak terlepas dari sosok asisten yang jadi tangan kanan sang manajer. Musim ini, dia adalah Juan Manuel Lillo.

Sudah bukan rahasia, Guardiola sudah lama memendam hasrat bekerja sama dengan Lillo. Musim ini, keinginannya itu terkabulkan. Hasilnya, kinerjanya pun meningkat dan The Cityzens kembali jadi mesin yang sukar dihentikan.

Lillo Jadi Peredam Guardiola

Pep Guardiola mengungkapkan dua hal penting yang membuat Lillo sangat krusial bagi dirinya di Manchester City musim ini. Pertama, secara teknis, pelatih berumur 55 tahun itu mumpuni dan sudah teruji. Filosofi yang sama juga membuat Guardiola punya sosok untuk dijaka bertukar pikiran.

“Pengetahuannya soal permainan luar biasa. Dia mampu melihat hal-hal yang tak dapat dilihat kebanyakan orang, termasuk saya,” ujar Pep Guardiola soal Juan Manuel Lillo seperti dikutip Football5Star.com dari Manchester Evening News.

Secara implisit, Guardiola ingin menyampaikan, Lillo adalah sosok yang juga berperan dalam menentukan taktik dan strategi tertentu yang dipakai Manchester City musim ini. Sangat mungkin penempatan De Bruyne sebagai false nine atau pergeseran Guendogan lebih ke depan adalah sarannya.

Pep Guardiola mengungkap peran penting Juan Manuel Lillo sebagai asistennya di Manchester City.
24horas.cl

“Dia sangat membantu saya. begitu pula Rodo (Borrell),” kata Guardiola lagi. “Seperti halnya Mikel (Arteta), Dome (torrent), dan Tito Vilanova sebelumnya, saya butuh masukan dan dukungan mereka karena mereka mampu melihat hal yang luput dari penglihatan saya.”

Kedua, sang asisten diakui Guardiola sebagai sosok yang jadi peredam emosinya. “Dia membantu saya untuk lebih kalem. Kadang kala, saya mengekspresikan perasaan saya secara berlebihan dan dia mampu menenangkan saya untuk membaca situasi secara lebih baik,” ujar eks pelatih Barcelona itu.

Satu harapan besar Pep Guardiola bagi Juan Manuel Lillo saat ini adalah soal bahasa. Dia ingin sang asisten dapat segera menguasai bahasa Inggris dengan baik sehingga mampu berkomunikasi lebih lancar dengan para pemain.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More