Peran Baru Oxlade-Chamberlain Di Arsenal

Arsene Wenger menyatakan bahwa kemampuan dalam melepaskan diri dari tekanan lawan membuat Alex Oxlade-Chamberlain akan mendapatkan posisi baru di Arsenal. Bagi Wenger, Oxlade-Chamberlain adalah kandidat ideal untuk bermain di posisi gelandang tengah.

Oxlade-Chamberlain selama ini secara reguler bermain melebar di sisi sayap The Gunners. Namun, dia berhasil bermain dengan lebih baik kala Wenger menggeser posisinya lebih ke dalam, saat Arsenal melawan Sunderland di Babak Ketiga Piala FA .

Selama ini, Wenger melihat bahwa Oxlade-Chamberlain memang punya kemampuan menjadi box to box midfielder. Dia meyakini Oxlade-Chamberlain mempunyai semua persyaratan untuk posisi tersebut, terutama daya juang untuk bisa keluar dari tekanan lawan.

“Dia punya semua persyaratan untuk bermain sebagai gelandang sentral, dan yang terpenting dia punya semangat untuk keluar dari tekanan di tengah,” kata Wenger, seperti dilansir dari situs resmi Arsenal.

“Satu yang terpenting untuk bisa keluar dari tekanan adalah kamu harus memiliki sedikit kemampuan untuk mendribel bola dan menjauhkan dari pemain yang menjagamu. Tidak ada pemain yang mampu berbuat itu lebih baik dari Oxlade-Chamberlain,” tambahnya.

Kemampuan Oxlade-Chamberlain inilah yang membuat Wenger memilih memainkan formasi 4-3-3, kala melawan Sunderland.

“Inilah mengapa 4-3-3 menjadi pilihan saya, karena dia (Oxlade-Chamberlain) sangat cocok bermain sebagai gelandang sisi kanan di formasi tersebut,” ungkap Wenger.

Wenger yakin dengan berjalannya waktu, Oxlade-Chamberlain akan semakin nyaman bermain di posisi barunya.

“Dalam sepakbola modern setiap pemain harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan formasi dan strategi, dan Oxlade-Chamberlain adalah salah satunya, dia akan semakin bagus nanti,” pungkasnya.

Alex Oxlade ChamberlainArsenalArsene Wengerberita