Perbandingan Nilai Skuat Manchester United dan Manchester City

Football5Star.com, Indonesia – Persaingan antara dua tim sekota Manchester yaitu Manchester United dan Manchester City tidak hanya terjadi di lapangan hijau. Namun, juga terjadi di bursa transfer.

Jelang laga Manchester United vs Manchester City dalam lanjutan Liga Inggris, Kamis (25/4/2019) dini hari WIB di Stadion Old Trafford, kekuatan pemodal kedua klub berdampak pada nilai skuat masing-masing klub.

Manchester United didukung oleh keluarga Glazer asal Amerika Serikat, sementara Manchester City didukung oleh Sheikh Mansour pengusaha asal Uni Emirat Arab. Tujuan pengusaha mengucurkan dananya karena ingin meraih prestasi dan menjanjikan secara bisnis bersama klub yang dimilikinya.

rte.ie

Dilansir Manchester Evening News dari Transfermarkt, Man City diklaim memiliki nilai skuat sebesar 1 miliar pound dan menjadikan klub pertama di Liga Inggris yang mencapai angka tersebut. Transfermarkt memberikan perkiraan nilai kepada setiap pemain berdasarkan beberapa faktor seperti usia, performa, dan durasi kontrak.

Awal musim 2018 -19, nilai skuat Man City mencapai 953 juta pound, tetapi kini telah meningkat menjadi 1.1 miliar pound. Sementara itu, klub tetangga Man City, Man United, memilik nilai skuat 697 juta pound, mengalami penurunan sejak awal musim bulan Agustus senilai 769 juta pound.

Ini adalah nilai skuat terbaru untuk dua klub asal Manchester per Januari 2019. Liga Inggris telah menjadi sebuah komoditas, sehingga memiliki nilai jual yang sangat tinggi dan berdampak kepada klub-klub peserta di kompetisi tersebut. Kesepakatan kontrak dengan televisi yang nilainya mencapai miliaran pound mendorong klub melakukan mega transfer dengan mendatangkan pemain terbaik ke Liga Inggris.

Belum lagi pundi-pundi yang didapat apabila klub tersebut lolos ke Liga Champions atau Liga Eropa serta kesepakatan nilai sponsor yang sangat besar semakin memudahkan untuk mendatangkan pemain bintang.

13 Pemain di Atas 50 Juta Pound

Oleh sebab itu, dua Manchester memiliki nilai skuat yang sangat fantastis. Di kubu Man City, Kevin de Bruyne merupakan pemain dengan nilai tertinggi, ia taksir memiliki nilai sebersar 135 juta pound. Sedangkan Paul Pogba merupakan pemain dengan nilai tertinggi di Man United dengan nilai 81 juta pound.

Kevin De Bruyne adalah pemain dengan valuasi nilai tertinggi menurut Transfermarkt di dua klub Manchester.
standard.co.uk

Selain De Bruyne, terdapat tujuh pemain Man City lainnya bernilai lebih dari 50 juta pound. Mereka adalah Leroy Sane senilai 81 juta pound, Raheem Sterling (81 juta pound), Sergio Aguero (72 juta pound), Gabriel Jesus (72 juta pound), Riyad Mahrez (54 juta pound), Ederson (54 juta pound) dan Bernardo Silva (54 juta pound).

Di kubu Man United, hanya empat rekan setim Pogba yang memiliki nilai lebih dari 50 juta pound yaitu Romelu Lukaku senilai 76 juta pound, David De Gea (63 juta pound), Marcus Rashford (58,5 juta pound), dan Anthony Martial (54 juta pound).

Memasuki era sepak bola modern, tidak mengherankan sepak bola telah mengalami pergeseran nilai. Tidak hanya dipandang sebagai sebuah aktivitas olahraga, sepak bola telah menjadi sebuah komoditas. Prestasi yang didapat dua klub Manchester sejauh ini berbanding lurus dengan nilai skuat masing-masing.

Saat ini Manchester City berada di puncak klasemen dan berpeluang menjuarai Liga Inggris, sedangkan Manchester United berada di peringkat ke-6. Torehan trofi yang telah didapatkan Man City musim ini menggambarkan nilai skuat yang dimiliki. Sementara, Man United, meski musim ini terancam tanpa trofi, klub berjuluk Red Devils sempat menguasai Inggris dan Eropa sekitar tahun 2000-an.

Lantas, berdasarkan nilai skuat yang dimiliki Manchester United dan Manchester City saat ini, siapa yang akan unggul dalam laga Manchester United vs Manchester City tengah pekan nanti? Patut disimak jalannya pertandingan nanti.

Comments
Loading...