Peringati Pertandingan Pertama Klub, Liverpool Rilis Video Animasi

Football5star.com, Indonesia – Memperingati 185 tahun sejak menggelar pertandingan pertamanya dalam sejarah klub, Liverpool FC merilis sebuah video animasi. Dalam video berdurasi 1 menit 54 detik tersebutt, digambarkan bagaimana John Houlding mendirikan klub yang kini menjadi salah satu yang tersukses di tanah Inggris.

Houlding, yang merupakan pemilik lahan Anfield, sedang mencari cara untuk mendapatkan pemasukan usai Everton FC memutuskan hengkang ke Goodison Park. Akhirnya, ia memutuskan untuk mendirikan klub baru bernama Liverpool Football Club.

Setelah mendapat persetujuan dari FA untuk mendirikan klub pada Maret 1982, Houlding baru bisa menggelar pertandingan pertamanya enam bulan kemudian. 1 September 1892 menjadi tonggak sejarah Liverpool.

Mereka menggelar pertandingan persahabatan melawan Rotherham Town di Anfield dengan disaksikan kurang dari 100 orang. Didominasi para pemain Skotlandia seperti Andrew Hannah, Duncan McLean, Malcom McVean dan James McBride, The Reds menangdengan skor 7-1.

Pertandingan tersebut menjadi penanda dimulainya sepak terjang Liverpool di persepakbolaan Inggris. Sisanya, bisa dibilang merupakan sejarah. Memenangi gelar Liga pertamanya di musim 1900-01, George Fleming dkk berhasil memenanginya lima musim kemudian.

Hingga awal era 90-an, Liverpool menjadi tim tersukses di Inggris dengan koleksi 18 gelar. Raihan tersebut belum termasuk gelar domestik seperti FA Cup (7), Piala Liga (8), dan Community Shield (15).

Di kancah Eropa, mereka juga salah satu yang terbaik. Hingga kini, Liverpool menjadi tim Inggris tersukses di pentas Eropa dengan total 11 gelar. Lima kali juara Liga Champions, tiga kali Europa League, dan tiga Piala Super Eropa menjadi salah satu bukti kesuksesan tim gagasan Houlding.  Awal musim 2017-18, Liverpool belum terkalahkan. Mereka menempel ketat Manchester United di pucuk klasemen dengan hanya terpaut dua poin.

Comments
Loading...