Perjalanan Berliku Timnas Indonesia di Semifinal Sepanjang SEA Games

Football5Star.com – Timnas U-23 Indonesia bakal menghadapi Myanmar pada semifinal SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Sabtu (7/12) sore WIB. Akan tetapi, Indonesia memiliki rekor buruk tiap kali berlaga pada babak empat besar sepanjang keikutsertaannya di SEA Games.

Indonesia tercatat sudah 15 kali melangkah ke semifinal sejak 1977. Namun, hanya lima kali yang berhasil dituntaskan menuju partai puncak gelaran multievent se-ASEAN tersebut.

Sejak cabang sepak bola hanya diperbolehkan memakai pemain U-23 pada 2001 silam, Indonesia juga sudah enam kali melaju ke semifinal. Tapi, hanya dua di antaranya yang sukses dituntaskan ke final.

Hal itu pun terjadi pada SEA Games 2001 dan 2013. Pada dua gelaran terakhir, Indonesia secara beruntun harus kalah di semifinal. Pada 2015 mereka kalah 0-5 dari Thailand, sedang 2017 takluk 0-1 dari Malaysia.

Menanggapi hal itu, Indra Sjafri sendiri sama sekali tak mau memusingkannya. Menurutnya, masa lalu biarkan saja berlalu. Sebab saat ini, Indonesia sedang menatap masa depan.

“Saya selalu berpikir positif, enggak pernah negatif, yang masa lalu biar masa lalu, saya lihat ke depan harus optimistis,” ungkap Indra Sjafri singkat.

Indonesia sendiri sudah sembilan kali melawan Myanmar pada hajatan SEA Games. Dari sembilan laga itu, Indonesia memenangi lima kali, berbanding dua milik Myanmar, sedang dua lainnya imbang.

Indra Sjafrisea games 2019timnas u-23Timnas U-23 Indonesia