Perjalanan Karier Maurizio Sarri, dari Pegawai Bank sampai Juara Serie A

Football5Star.com, Indonesia – Maurizio Sarri baru saja berhasil meraih gelar Scudetto bersama Juventus setelah berhasil mengalahkan Sampdoria 2-0 (27/7/20). Perjalanan karier Sarri sebagai pelatih sangat luar biasa. Walaupun ini adalah gelar liga pertama miliknya, dia sebenarnya sudah menjadi pelatih selama 30 tahun!

Sarri tak pernah bermain sepak bola secara profesional. Tapi dia pernah bermain di klub amatir, Figline, dia adalah seorang bek tengah. Selama menjadi pemain amatir, dia bekerja sebagai pegawai bank pada pagi hari, lalu latihan dan bermain pada siang dan sore hari.

Kalidou Koulibaly - Chelsea - Maurizio Sarri - Napoli - Getty Images
Getty Images

Pada tahun 1990 di usia 30 tahun. Dia memutuskan untuk menjadi pelatih. Dia menjadi pelatih USD Stia, sebuah klub yang saat itu berada di divisi ke-8 Liga Italia.

Selama 9 tahun dia beberapa kali pindah ke beberapa klub amatir sambil tetap bekerja sebagai pegawai bank. Kariernya berubah saat dia bergabung ke Tegoleto, yang pada saat ini bermain di divisi ke-5. Saat itu pula dia memutuskan untuk berhenti menjadi pegawai bank dan menjadi pelatih sepenuhnya.

gary cahill-maurizio sarri-chelsea
Daily Mail

Hanya satu musim di Tegoleto, dia pindah ke Sansovino yang berada di divisi yang sama. Tapi dia berhasil membawa Sansovino promosi ke Serie D di musim pertamanya. Karena prestasinya, klub Serie C2, Sangiovannese merekrutnya pada 2003. Sarri lalu membawa klub itu promosi ke Serie C1.

Pada 2005, Sarri mendapat tawaran dari klub ternama, Pescara, yang saat itu bermain di Serie B. Sejak saat itu, Sarri kerap sering dipecat dari beberapa klub Serie B dan Serie C1 sebelum dia akhirnya menukangi klub Serie B Empoli di 2012.

Peningkatan Karier

Di sinilah kariernya mulai menanjak. Dia berhasil membawa Empoli promosi ke Serie A di tahun 2014. Di musim pertamanya di Serie A Sarri berhasil membawa Empoli lolos dari zona degradasi.

Barulah pada pada 2015, klub asal kota kelahirannya, Napoli, memutuskan untuk merekrutnya untuk menggantikan Rafa Benitez.

Bersama Napoli dia hampir bisa memutus dominasi Juventus di musim 2017-18, sayang dia akhirnya hanya finis di posisi ke-2 dengan selisih 4 poin saja dari Bianconeri. Tapi prestasinya itu membuat dia dilirik oleh klub besar, Chelsea. The Blues akhirnya merekrutnya di musim 2018-19.

Maurizio Sarri Ungkapkan Perasaannya Setelah Raih Gelar Liga Pertamanya
@carlogarganese

Bersama Chelsea, dia meraih trofi major pertamanya, Liga Europa, setelah melatih selama 29 tahun. Dia juga membawa Chelsea finis di 3 besar Premier League. Tapi dia hanya bertahan satu musim saja di Chelsea. Raksasa Italia, Juventus akhirnya merekrutnya pada musim panas lalu and the rest is history.

Perjalanan karier Maurizio Sarri sangat luar biasa. 30 tahun lalu, dia hanyalah seorang pegawai bank yang bekerja sampingan sebagai pelatih amatir. Sekerang dia melatih klub terbaik di Italia dan berhasil membawanya juara untuk yang ke-36 kalinya.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More