Pernah Dipecundangi Evan Dimas, Striker Muda Korsel Debut Apik di Bundesliga 1

Football5star.com Indonesia – Pada 2014, Hwang Hee-chan menjadi andalan timnas U-19 Korea Selatan kala dipecundangi Evan Dimas cs. bersama timnas U-19 Indonesia. Kini, Hwang Hee-chan sudah jauh melesat. Dia baru saja melakoni debut sempurna di pentas Bundesliga 1 bersama RB Leipzig.

Pemain berusia 24 tahun itu dipercaya pelatih Leipzig, Julian Nagelsmann masuk pada menit ke-69 menggantikan Dani Olmo. Hee-chan memang tak mencetak gol. Namun, dia membantu Leipzig mengamankan kemenangan 3-1 atas FSV Mainz 05 di Red Bull Arena, Minggu (20/9/2020).

Twitter @RVLeipzig_EN

Meski laga tersebut menjadi debut Hwang Hee-chan di Bundesliga 1, tapi bukan penampilan perdananya sejak diboyong RB Leipzig pada awal musim. Ketika menjalani debut bersama Leipzig di DFB-Pokal, Hwang Hee-chan bahkan langsung moncer.

Dia tampil penuh dan menyumbang satu gol dan satu assist ketika Leipzig menang 3-0 atas 1.FC Nuremberg di Max-Morlock-Stadion (12/9/2020). Debutnya kala itu membuatnya semringah karena langsung menuai banyak pujian.

“Aku sangat senang bisa masuk dalam susunan pemain utama dan tentu saja gol pertamaku untuk RB Leipzig. Tetapi, lebih dari semuanya, aku senang bisa membantu tim,” kata Hee-chan.

Diproyeksi Jadi Pengganti Timo Werner

Status Hwang Hee-chan di skuat RB Leipzig pun bukan main-main. Dia digadang-gadang menjadi pengganti Timo Werner yang hengkang ke Chelsea serta Patrick Shick ke Bayer Leverkusen. Apalagi, performanya bersama klub sebelumnya, RB Salzburg, di Bundesliga Austria terbilang cukup impresif.

Bersama Salzburg, dia tampil 126 pertandingan dan mencatat 45 gol serta 29 assists. Salah satu penampilan menonjol ketika Hee-chan mencetak gol dan satu assist ketika timnya kalah 3-4 dari Liverpool di pentas Liga Champions musim lalu.

Karier Hwang Hee-chan sejak timnas U-19 Korsel dikalahkan Evan Dimas cs dengan skor 2-3 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), memang langsung melesat.

Dari Pohang Steelers, dia langsung menyeberang ke Eropa untuk membela klub Austria, FC Liefering. Setelahnya, dia diboyong RB Salzburg pada Januari 2015. Sebelum dibeli RB Leipzig senilai 15 juta Euro musim panas ini, dia sempat mencicipi Liga Jerman ketika dipinjamkan Salzburg ke Hamburger SV pada 2018.

“Aku pikir Hwang-Hee-chan menjadi jawaban kepergian mereka (Timo Werner dan Patrick Shick). Dia membuat kesan yang sangat bagus dalam latihan. Aku merasa dia pasti akan membantu kami,” kata bek RB Leipzig, Lukas Klostermann , mengomentari kedatangan Hwang-Hee-chan kepada Sport1.

Tempo.co.id

Sekadar menggali kembali ingatan, pada 12 Oktober 2013 Hwang-Hee-chan bersama timnas U-19 Korea Selatan datang ke Jakarta demi melakoni kualifikasi Piala Asia U-19 2014. Pada pertandingan pamungkas di Grup G itu, Korsel menghadapi timnas U-19 Indonesia asuhan Indra Sjafri.

Evan Dimas Darmono menjadi pahlawan dengan mencetak hat-trick guna membawa timnas U-19 Indonesia menang 3-2 atas Korsel. Sementara, Hee-chan gagal menyumbang gol. Di klasemen akhir Grup G, Indonesia pun berada di atas Korsel dengan keunggulan 3 poin.

Bundesliga 1Evan DimasHwang Hee-ChanRB Leipzig