Pernah Hajar Klub Kuat Timur Tengah, Persipura Beberkan Resepnya

Football5Star.com – Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago, buka resep bisa membawa timnya menghajar klub kuat Timur Tengah, Al-Kuwait, di AFC Cup 2014 lalu. Dia menyebut kepercayaan diri tinggi pasukannya menjadi hal yang vital.

Sebenarnya, tim berjuluk Mutiara Hitam itu tak terlalu diunggulkan dalam babak delapan besar itu. Faktanya, Persipura harus kalah 2-3 dari Al-Kuwait di Al Kuwait Sports Club Stadium pada leg pertama.

Kendati demikian, Boaz Solossa dan rekan-rekan tak begitu saja menyerah. Dalam leg kedua di Stadion Mandala, Persipura tak memberi ampun Al-Kuwait. Bahkan mereka membantai klub Timur Tengah itu dengan skor 6-1 hingga berhasil melaju ke semifinal usai unggul agregat 8-4.

“Pada pertandingan pertama kami mampu mencetak gol. Sehingga anak-anak merasa ketika bermain di Jayapura kami akan tangguh. Kami hanya membutuhkan satu gol saja untuk lolos,” ujar Jacksen F Tiago dalam kanal Youtube Ricky Nelson Coaching.

Saat itu, Persipura disebut oleh Jacksen lebih bugar daripada Al-Kuwait. Menjelang pertandingan leg kedua, mereka masih memiliki satu pertandingan di liga domestik.

“Itu akan memperpendek perjalanan panjang mereka dari Kuwait ke Jayapura. Kami sudah berada di Jayapura sejak lama,” sambung eks nahkoda Barito Putera itu.

Sayangnya, Persipura tak berdaya menghadapi wakil Kuwait lainnya, Al-Qadsia. Mereka takluk 2-10 dari klub Kuwait itu secara agregat. Tapi tetap saja, Mutiara Hitam sampai saat ini jadi satu-satunya tim Indonesia yang berhasil menembus fase semifinal.