Pernah Hampir Mati, Wasit Wanita Ini Pimpin Laga Piala Dunia Antarklub

Football5star.com, Indonesia – Perhelatan Piala Dunia Antarklub 2020 sudah memasuki babak semifinal dan perebutan tempat kelima. Di babak perebutan tempat kelima, dua wakil Asia saling berhadapan. Al Duhail dari Qatar melawan wakil Korea Selatan, Ulsan Hyundai, Minggu (7/2/2021).

Pertandingan yang berlangsung di Ahmed bin Ali Stadium, Al Rayyan, Qatar tersebut dipimpin oleh wasit wanita asal Brasil bernama Edina Alves Batista. Selain itu, dua hakim garis yang bertugas juga wanita, mereka adalah Neuza Back dan Mariana De Almeida.

Pernah Hampir Mati, Wasit Wanita Ini Pimpin Laga Piala Dunia Antarklub
fifa.com

Seperti dikutip dari laman resmi FIFA, ini kali pertama tiga wasit wanita memimpin pertandingan di turnamen sepak bola pria tingkat senior. Mampu menjadi pengadil di laga sekaliber Piala Dunia Antarklub jadi prestasi tersendiri bagi Edina.

Sebelum menjadi seorang wasit FIFA, Edina ternyata pernah berprofesi sebagai buruh kasar di Brasil. Setiap harinya, ia bekerja dari pukul 5 pagi untuk mengisi karung dengan tanah liat.

“Kami memang baru masuk bekerja pukul 6:30 pagi, tetapi jika kami ingn mendapat tambahan uang, bos kami membiarkan kami bekerja lebih awal,” kata Edina.

“Ini jenis pekerjaan dengan upah yang sangat rendah. Karenanya Anda harus bekerja mengisi banyak karung dengan tanah. Saat itu, aku melakukan apapun untuk mendapatkan uang,” kenang Edina.

Selain menjadi buruh kasar, Edina aktif di futsal dan sepak bola. Ia bahkan cukup sering bertanding futsal mewakili daerah tempat tinggalnya untuk mengikuti kompetisi.

Kehidupannya berubah pada 2007. Ia mendapat kesempatan dari federasi sepak bola Brasil untuk menjadi seorang wasit. Jalan Edina untuk menjadi wasit wanita sangat berat, bahkan ia hampir mati karena mengalami kecelakaan.

“Saat itu saya dipanggil ke CBF. Mau tak mau saya harus menempuh perjalanan dengan mobil sejauh 500 km. Saya mengalami kecelakaan. Saya hampir mati. Saya harus menjalami perawatan intesif selama 4 hari,”

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More