Persaingan Gelar Juara Liga 1 2020: Antara Gengsi dan Prestasi

Football5star.com, Indonesia – Tak terasa kompetisi Liga 1 2020 akan dimulai dalam hitungan hari. Kompetisi tahun dijamin bakal berlangsung sengit. Ini bukan hanya soal prestasi, tapi juga gengsi.

Sebagai juara bertahan, Bali United jelas masih jadi unggulan di kompetisi tahun ini. Tim besutan Stefano Cugurra Teco juga mempertahankan pemain-pemain kunci mereka.

Kuartet pemain asing yang terdiri dari Willian Pacheco, Nouri, Paulo Sergio, dan Platje masih bertahan. Begitu pula duo pemain naturalisasi, Stefano Lilipaly dan Spasojevic.

Cuma Irfan Bachdim yang terlempar dari persaingan menembus skuat Bali United. Tapi sebagai gantinya, mereka sudah mendatangkan Rahmat dari PSM Makassar.

Satu-satunya kendala Bali United adalah mereka harus membagi konsentrasi ke Piala AFC 2020, yang penyelenggaraanya beriringan dengan kompetisi domestik. Oleh karena itu, superioritas mengerikan Serdadu Tridatu pada musim lalu diperkirakan tak akan terulang pada musim ini.

Persija Jakarta

Tim lain yang kemungkinan bakal meramaikan persaingan gelar juara musim ini adalah dua klub ibukota, Persija Jakarta dan Bhayangkara FC. Bisa dikatakan keduanya menggila di bursa transfer. Mereka ingin mengulangi kisah sukses saat menjadi juara.

Persija yang juara pada 2018, berhasil merekrut nama-nama beken seperti Otavio Dutra, Marc Klok hingga eks bek Timnas Italia, Marco Motta. Teraktual, Macan Kemayoran mendapatkan tanda tangan dua pemain Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2019, Evan Dimas Darmono dan Osvaldo Haay.

Label mewah dan Los Galacticos pun disematkan kepada Persija, mengingat deretan muka baru tersebut akan makin melengkapi kepingan Macan Kemayoran setelah mempertahankan beberapa pilar-pilar penting seperti Marko Simic, Riko Simanjuntak, Rohit Chand, Sandi Sute, dan Andritany Ardhiyasa.

“Tentunya setelah melihat secara keseluruhan, Persija punya target juara di Liga 1 2020,” jelas Ferry Paulus, Direktur Olahraga Persija.

Saddil Ramdani Resmi Tentukan Pilihan, Bhayangkara FC Jadi Pemenang
Bhayangkara FC

Setali tiga uang, Bhayangkara FC yang juara pada 2017, tak mau kalah. Mereka juga merekrut pemain kelas satu sepak bola Indonesia, semisal Andik Vermansah, Achmad Jufriyanto, Ruben Sanadi, hingga Saddil Ramdani.

Di barisan pemain asing, Bhayangkara FC mampu merekrut Ezechiel N’Douassel, Renan Silva, hingga Lee Won-jae dan Herve Guy. Alhasil, kekuatan tim besutan Paul Munster ini sangat menakutkan.

Persib Bandung - Stadion Gelora Bandung Lautan Api - Oded M Danial
Persib Bandung

Bagaimana dengan Persib Bandung? Maung Bandung sedikit goyah setelah striker andalannya, Ezechiel N’Douassel memilih pindah. Tak hanya Eze, satu bek lokalnya Achmad Jupriyanto, juga hengkang. Sementara Kevin van Kippersluis dan Hariono didepak oleh Pelatih Robert Alberts.

Namun, Persib yang haus gelar, bergerak cepat mendatangkan penggantinya. Mereka merekrut enam pemain baru, dua di antaranya pemain asing yang belum berpengalaman di Liga Indonesia, yakni Wander Luiz (Brasil) dan Geoffrey Castillion (Belanda). Empat pemain baru lainnya adalah Victor Igbonefo, Teja Paku Alam, Beni Oktovianto, dan Zulham Zamrun.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono mengaku semua rekrutan baru itu berdasarkan rekomendasi dari pelatih Robert Alberts. “Kami berharap Persib bisa lebih baik lagi dibandingkan musim lalu. Bersyukur kalau kami bisa juara, tapi yang pasti tim mana pun pasti ingin juara,” ucap Teddy.

Menarik ditunggu bagaimana sengitnya persaingan gelar juara Liga 1 2020. Bali, Persija, Bhayangkara dan Persib tentu bakal habis-habisan mengejar prestasi, sekaligus menjaga gengsi sebagai raksasa sepak bola Indonesia.