Persebaya Gunakan Kacamata Bajak Laut Ketika Latihan

Football5Star.com, Indonesia – Persebaya Surabaya memiliki metode unik ketika berlatih. Pada saat menggelar latihan Selasa (8/10/2019), mereka menggunakan eye patch atau kacamata bajak laut untuk berlatih.

Cara tersebut merupakan terobosan baru dari Pelatih Persebaya, Wolfgang Pikal. Dirinya melakukan itu untuk mengasah visi bermain para gelandangnya.

Seperti contoh ia menyuruh gelandang Muhammad Hidayat untuk menggunakan eye patch tersebut. Hidayat dituntut untuk bisa lebih luas mencari temannya untuk diberikan bola baik ke kiri ataupun ke kanan. Sang pemain pun diuji ketangkasannya terutama dalam situasi tertekan.

“Mungkin ini metode yang aneh untuk pemain gelandang, memakai ini (eye patch) dalam latihan. Supaya dia bisa lebih banyak melihat, lebih banyak putar kepala untuk melihat kawan. Karena cuma satu mata mau tidak mau dia harus putar kepala kan,” kata Pikal seperti dikutip Football5Star.com dari laman Emosijiwaku.

Hidayat sendiri sebenarnya baru berlatih menggunakan eye patch tanpa bola. Ke depan, ia diminta oleh Pikal untuk mengenakannya ketika simulasi permainan.

“Baru tahu juga sih ada seperti ini, mungkin terbantu. Apa yang diberikan pelatih pasti bermanfaat,” kata Hidayat menilai penggunaan eye patch.

Hidayat menyebut pasti ada manfaat lebih dari menu latihan yang diberikan oleh Wolfgang Pikal. Ia pun mengaku lebih awas ketika harus menjaga bola dan melihat ke kiri dan ke kanan.

“Kata coach Pikal nanti ke depan ada latihan seperti ini, soalnya kalau gelandang harus latihan lihat kiri kanan, supaya terbiasa saat pertandingan,” ujarnya.

Comments
Loading...