Persija dan Persib Kompak Beri Ucapan Selamat May Day

Football5star.com, Indonesia – Sejumlah klub Liga Indonesia memberi ucapan selamat hari buruh Internasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan May Day. Persija, Persib, Bali United, hingga PSIS Semarang kompak beri ucapan selama May Day.

Twitter Persija, @Persija_Jkt mem-posting foto dengan caption, Selamat Hari Buruk 1 May 2019. Sementara Persib lewat akun Twitter, @persib mempublish sebuah video ucapan selamat May Day dengan caption,

“Semoga semakin sejahtera demi Indonesia yang lebih baik. Selamat hari buruh. #GOPERSI86O,” kicau akun Persib, Rabu (1/5/2019).

Ucapana selamat May Day juga diunggah Twitter Bali United. Tim berjuluk Serdadu Tridatu itu mengunggah foto Stadion Kapten I Wayan Dipta, dengan caption,

“Selamat hari Buruh Nasional, semoga semakin sejahtera! #BaliUnited #BeyondFootball”

PSIS Semarang juga tak mau kalah. Tim berjuluk Laskar Mahase Jenar itu mempublish foto dengan caption, “Selamat Hari Buruh untuk seluruh seniman lapangan hijau. #PSIS #MayDay #HariBuruh”

Sekedar informasi, May Day pertama kali diperingati pada abad ke-19 di Amerika Serikat. Pada 1 Mei 186, 400 ribu buruh di Amerika Serikat unjuk rasa menuntut pengurangan jam kerja menjadi 8 jam per hari.

Aksi unjuk rasa itu berlangsung selama 4 hari dan di hari terakhir, aparat keamanan membubarkan dengan cara paksa. Dikabarkan sejumlah buruh tewas akibat tembakan dari aparat keamanan.

Di ranah sepak bola, sejumlah pesepak bola ternama juga acapkali menggaungkan isu May Day. Bahkan di Indonesia era 1970-1980-an, sempat bergulir Galakarya, kompetisi sepak bola Karyawan.

Galakarya saat itu dipopulerkan oleh sejumlah tokoh sepak bola nasional seperti Ronny Pattinasarani, Rully Nere, Anjas Asmara hinga Andi Lala.

Comments
Loading...