Persija Tak Masuk 6 Klub Indonesia Berstandar AFC

Football5Star.com, Indonesia – Persija Jakarta ternyata tak masuk daftar klub-klub Indonesia yang sudah berstandar AFC. Hal itu setelah PSSI baru saja menyelesaikan AFC Club Licensing Cycle 2020.

Seperti diketahui, FC Club Licensing Cycle merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub profesional AFC. Selain sebagai acuan standar profesional, program ini juga merupakan syarat klub untuk berpartisipasi di kompetisi resmi AFC seperti Liga Champions Asia dan AFC Cup.

Nah menariknya tak ada nama Persija Jakarta pada daftar yang sudah diverifikasi PSSI. Ada enam klub yang sudah dinyatakan lolos, yakni Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, dan Arema FC.

Persija Tak Masuk Standar 6 Klub Indonesia Berstandar AFC

Padahal, Persija sendiri sebenarnya sempat dua musim mewakili Indonesia di Asia, yakni pada ajang AFC Cup 2018 dan 2019. Namun, PSSI menjelaskan ada lima kriteria yang menjadi penilaian AFC Club Lisensing.

Kelima aspek tersebut mencakup sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance. PSSI sendiri berharap ke depan harus banyak klub Indonesia yang bisa memenuhi standar AFC.

“PSSI kedepan akan sedang menyiapkan National Club Licensing untuk kita terapkan di Liga 1 dan Liga 2. Kita berharap semakin banyak klub profesional di Tanah Air yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia sudah berada dalam trek menuju industri sepak bola,” ungkap Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi dalam laman resminya.

“Karena semakin banyak klub profesional di Indonesia, semakin maju dan jaya sepak bola Indonesia,” tutup Yunus.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More