Persija Tim Pertama yang Kawinkan Gelar Piala Presiden dan Liga

Football5star.com, Indonesia – Keberhasilan Persija Jakarta menjadi jawara Liga 1 sekaligus mematahkan kutukan tim pemenang Piala Presiden. Dalam dua kesempatan sebelumnya, tim yang menjuarai turnamen pramusim tersebut, tampil melempem di liga.

Persib Bandung mengawalinya pada 2015 silam. Setelah dengan bangga mengangkat trofi pramusim tersebut di Jakarta, Atep dkk justru mengendur di kompetisi jangka panjang. Mereka finis di peringkat kelima klasemen akhir TSC 2016.

Berselang dua tahun, giliran Arema FC yang berhasil keluar sebagai juara setelah mengandaskan perlawanan Sriwijaya FC di final. Namun, pada Liga 1 2017, performa mereka melempem dan mengakhiri kompetisi di peringkat kesembilan.

Kutukan Piala Presiden sempat membayangi Macan Kemayoran di awal musim. Tim racikan Stefano Cugurra sempat terseok-seok dan bahkan menghuni dasar klasemen pada 6 Juni 2018, atau pekan ke-13.

Ismed Sofyan - Persija Jakarta - Liga 1 - Football5star
qharrytadarus

Perlahan tapi pasti, Ismed Sofyan dkk menaiki tangga klasemen dan untuk pertama kalinya memimpin pada pekan ke-33. Kemenangan Persija atas Bali United berhasil mengkudeta PSM Makassar yang hanya bermain imbang melawan Bhayangkara FC.

Pada laga penentuan di pekan terakhir, Persija Jakarta berhasil menuntaskan perjuangan setelah menang 2-1 atas Mitra Kukar. Dengan demikian, Macan Kemayoran merupakan tim pertama yang berhasil mengawinkan gelar Piala Presiden dan liga.

Gelar Liga 1 musim  ini sekaligus menjadi kado manis di ulang tahun klub yang menginjak usia ke-90 pada akhir November silam. Juga menambah koleksi gelar liga mereka jadi 11 kali yang merupakan torehan tersukses di antara klub-klub di Indonesia.

Comments
Loading...