Persik Minta PSSI Siapkan Bantuan Hukum Jika Ada Gugatan dari Pemain

Football5star.com, Indonesia – CEO Persik Kediri, Abdul Hakim Bafagih mengatakan bahwa pihak PSSI nantinya harus menyiapkan bantuan dan perlindungan hukum untuk klub Liga 1 2020 yang menerapkan kebijakan pemotongan gaji 25 persen.

“Dengan kejadian seperti ini, saya khawatirkan sebagai pengelola klub ada gugatan pemain dan pelatih asing khususnya yang dikit-dikit ke FIFA. Nah, PSSI harus ada perlindungan hukum,” kata Bafagih yang juga anggota DPR Komisi X saat RDPU dengan Ketum PSSI, Rabu (8/4/2020).

Ketum PSSI Bicara Opsi Liga 1 2020 Dilanjutkan Tapi Tanpa Penonton
pssi.org

Menurut Bafagih, bahwa tidak semua pemain mungkin akan menerima keputusan tersebut. Karenanya untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Bafagih mendesak PSSI memberikan bantuan hukum.

“Mungkin dari pemain sudah ada yang legowo, tapi ada satu pemian lain dapat bonus terus temannya tidak, jadi ada yang kompori. Padahal kita tahu wabah ini tidak berdampak ke olahraga saja tapi dampak ke seluruh negara. Alangkah baiknya PSSI berikan perlindungan hukum ke klu-klub Liga 1,” ucapnya.

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan sendiri seperti dikutip Football5star.com dari tribunnews mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan perlindungan jika ada gugatan hukum kepada pihak klub Liga 1.

“Kami juga siap-siap apabila ada gugatan-gugatan dari pemain dan sebaganyai seperti apa yang dikatakan dari pemilik Persik Kediri, kita akan lakukan perbantuan masalah hukumnya,” kata Mochamad Iriawan.

Sebelumnya pihak PSSI mengatakan bahwa untuk kesejahteraan pemain diserahkan kepada pihak klub.

“Berkaitan dengan kesejahteraan pemain dan pelatih tak ada sponsor tentunya PSSI sudah memberikan asuransi kepada pelatih timnas dan pemain, namun demikian ini dalam keadaan force majeure. Tentunya ini menjadi antisipasi kami,” ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

“Pemain bola berada di klub-klub, sehingga itu menjadi maksimal bagi klub untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan kesejahteraan dan sebagainya, tambahnya.