Pertahankan Gelar Liga Inggris, Guardiola Setara Ferguson dan Mourinho

Football5star.com, Indonesia – Keberhasilan Manchester City memenangi gelar Liga Inggris membuat Pep Guardiola setara dengan dua pelatih besar sebelumnya. Guardiola kini sejajar dengan Sir Alex Ferguson dan Jose Mourinho sebagai pelatih yang sanggup mempertahankan gelar tersebut.

Pep Guardiola merupakan pelatih yang mulai menangani Manchester City pada musim 2016-17. Pada musim pertamanya, hanya bisa mengantarkan Sergio Aguero dkk finis di posisi ketiga klasemen Liga Inggris.

Namun, pada musim berikutnya pelatih berusia 48 tahun ini mampu membuat tim berjulukan The Cityzens keluar sebagai kampiun di Premier League. Bahkan, Man City mampu menjadi juara dengan kemasan akhir 100 poin atau hanya mengalami dua kekalahan dan empat kali seri sepanjang musim.

Performa impresif Aguero cs berlanjut musim 2018-19. Namun, kali ini mereka mendapat perlawanan hebat dari Liverpool. Konsistensi Man City menuai hasil positif pun diuji hingga pekan pekan terakhir Liga Inggris.

Mereka mengakhiri musim ini dengan raihan 98 poin tetapi hanya unggul satu poin dari Liverpool. Keunggulan tipis tersebut pun membuat Man City mampu mempertahankan gelar Liga Inggris yang dimenangi musim lalu.

Tak hanya berhasil mempertahankan gelar paling bergengsi di Inggris, Guardiola juga sukses kembali memenangi penghargaan pelatih terbaik. Ia mengalahkan kandidat lain, yakni Juergen Klopp, Mauricio Pochettino, dan Nuno Espirito Santo.

Dua kali beruntun juarai Liga Inggris

Sejumlah rekor tercipta di Liga Inggris 2018-19, salah satunya dibuat Pep Guardiola bersama Manchester City.
Standard.co.uk

Bahkan, bisa mempertahankan titel Liga Inggris menjadikan Guardiola sejajar dengan Sir Alex Ferguson dan Jose Mourinho. Berdasarkan data yang didapat Football5star.com dari Squawka, hanya tiga pelatih tersebut sanggup memenangi Liga Inggris minimal dua kali beruntun.

Sir Alex merupakan pelatih yang pernah mempertahankan gelar di empat kesempatan berbeda. Bahkan, salah satunya dimenanginya hingga tiga kali beruntun.

Keempat kesuksesan tersebut ditorehkannya sebagai pelatih Manchester City. Pertama terjadi pada musim 1992-93 dan 1993-94. Kedua pada 1995-96 dan 1996-97, ketiga pada 1998-99 dan 1999-20, dan terakhir pada 2006-07, 2007-08, dan 2008-09.

Sementara itu, Jose Mourinho pernah mencatatkan sukses tersebut bersama Chelsea pada 2004-05 dan 2005-06.

Guardiola tentu masih berpeluang menyamai rekor yang pernah dibuat Ferguson pada periode 2006 hingga 2009. Yakni, sebagai satu-satunya pelatih yang sanggup memenangi tiga gelar Liga Inggris secara beruntun. Syaratnya, ia harus sanggup kembali mempertahankan titel tersebut pada musim 2019-20.

Comments
Loading...