Pertahankan Rekor Atas Wakil Concacaf, Swiss ke 16-Besar

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Swiss meraih hasil imbang 2-2 dalam laga melawan timnas Kosta Rika di laga matchday III Grup E Piala Dunia 2018, Kamis (28/6/2018) dinihari WIB. Selain meloloskan ke 16-besar, hasil itu membuat Der Nati mempertahankan rekor apik saat bersua wakil Concacaf di ajang akbar empat tahunan tersebut.

Sepanjang berkiprah di Piala Dunia, timnas Swiss tak pernah mengalami kekalahan saat menghadapi tim asal Amerika Tengah dan Utara. Tambahan kemenangan atas timnas Kosta Rika membuat mereka kini mencatat rekor dua kali menang dan tiga kali imbang.

Blerim Dzemaili saat Swiss menghadapi Kosta Rika.
blick.ch

Dalam laga di Stadion Nizhny Novgorod itu, Der Nati memulai laga dengan kurang meyakinkan. Dua kali kiper Yann Sommer melakukan penyelamatan gemilang dalam 7 menit awal. Namun, mereka akhirnya bisa bangkit dan membuat gol pembuka pada menit ke-31.

Berawal dari umpan silang kapten Stephan Lichtsteiner, bola lambung disambul sundulan Breel Embolo yang lantas disambar tendangan kaki kanan dari jarak dekat oleh Blerim Dzemaili. Kiper Keylor Navas tak bisa berbuat apa-apa karena sudah dalam posisi yang salah.

Memasuki babak kedua, timnas Kosta Rika berhasil menyamakan kedudukan. Sebuah tendangan penjuru Joel Campbell pada menit ke-56 disambar sundulan Kendall Watson tanpa bisa dibendung Sommer. Setelah itu, pertandingan berjalan alot.

Gol baru hadir kembali di ujung pertandingan. Timnas Swiss kembali unggul berkat gol Josip Drmic pada menit ke-88. Sebuah umpan silang mendatar ke dalam kotak penalti dari Dennis Zakaria mampu dituntaskan Drmic menjadi gol.

Akan tetapi, kemenangan yang sudah ada di depan mata itu lenyap saat injury time. Pelanggaran Zakaria terhadap Campbell membuat Der Nati diganjar tendangan penalti. Eksekusi Bryan Ruiz sebenernya membentur mistar. Namun, bola yang memantul lantas mebentur kepala Sommer dan masuk ke gawang.

Meskipun hanya menuai hasil imbang, timnas Swiss tetap lolos ke babak 16-besar Piala Dunia 2018. Itu karena pada waktu bersamaan, timnas Serbia kalah 0-2 dari Brasil. Di babak 16-besar, Der Nati akan menghadapi juara Grup F, timnas Swedia.

Susunan Pemain:

Swiss (4-2-3-1): 1-Sommer, 2-Lichtsteiner, 22-Schaer, 5-Akanji, 13-Rodriguez, 11-Behrami (17-Zakaria 60), 10-Xhaka, 23-Shaqiri (6-Lang 81), 15-Dzemaili, 7-Embolo, 18-Gavranovic (9-Drmic 69)
Pelatih: Vladimir Petkovic

Kosta Rika (5-4-1): 1-Navas, 16-Gamboa (4-Smith 90), 2-Acosta, 3-Gonzalez, 19-Waston, 8-Oviedo, 9-Colindres (13-Wallace 81), 5-Borges, 20-Guzaman Perez (14-Azofeifa 90), 10-Ruiz, 12-Campbell
Pelatih: Oscar Ramirez

K. Kuning: Lichtsteiner 37, Zakaria 75, Schaer 83 – Gamboa 11, Campbell 29, Waston 89
K. Merah:


Jangan lupa ikutan kuis Football5star.com. Prediksi skor pertandingan Piala Dunia 2018 dengan kesempatan membawa pulang Mobil Honda Brio, Motor Honda Vario, Motor Honda Beat, dan banyak lagi hadiah menarik. Buruan daftar di kuis.football5star.com

Comments
Loading...