Pertandingan Sepak Bola Wanita Ini Pecahkan Rekor Dunia

Football5star.com, Indonesia – Apa jadinya jika sebuah pertandingan sepak bola berlangsung di atas ketinggian lebih dari 1000 kaki di atas permukaan laut? Nyatanya sebuah pertandingan sepak bola wanita memecahkan rekor dunia karena berlangsung di salah satu gunung tertinggi di dunia.

Laporan dari Meghan McDonough dari qz.com, Jumat (12/7/2019) menyebutkan sekelompok wanita memainkan pertandingan sepak bola di Gunung Kilimanjaro, Tanzania. 28 wanita yang berasal dari 20 negara bermain sepak bola dalam rangka misi sosial.

Pertandingan ini pun tercatat di Guinness World Record sebagai pertandingan sepak bola yang berlangsung di tempat tertinggi di dunia. Sekedar informasi, Gunung Kilimanjaro memiliki ketinggian 5.895 mdpl.

Salah satu penggagas pertandingan ini, Laura Youngson mengungkapkan bahwa hal ini mereka lakukan sebagai bagian dari kampanye persamaan hak untuk wanita di bidang olahraga.

qz.com

“Ini bisa menjadi peluang untuk mengkampanyekan hak bagi wanita di seluruh dunia di sepak bola,” kata Luara.

“Faktanya di sejumlah negara masih ada diskriminasi terhadap wanita di sepak bola atau di cabang olahraga lainnya,”

Laura bersama pesepak bola wanita lainnya harus melalui rintangan berat untuk bisa sampai ke lokasi pertandingan. Pertandingan tersebut berlangsung di lapangan camp 2 jalur pendakian Gunung Tanzania.

Sebelum pertandingan, sejumlah pemain dan kru tampak sibuk membersihkan batu-batu besar yang berserakan. Mereka juga membuat garis menggunakan bahan tepung sebagai penanda layaknya lapangan sepak bola sungguhan.

Karena berlangsung di ketinggian yang terbilang ekstrem, pada pertandingan tersebut tim medis pun sudah menyiapkan peralatn kesehatan. Tabung oksigen dan sejumlah alat kesehatan lainnya disiagakan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Meskipun hasil pertandingan tanpa gol, kami merayakan ini semua karena tidak mudah untuk bisa bermain di atas ketinggian seperti ini,” kata salah satu pemain.

Internasiona;Sepak Bola Wanita