Perubahan Taktik Benitez Jadi Kunci Kemenangan Madrid Atas Sociedad

Sebagai sebuah tim yang memiliki pemain-pemain dengan kontrol bola mumpuni, sudah sewajarnya bila Real Madrid bermain dengan penguasaan bola yang tinggi. Akan tetapi, pelatih Madrid Rafa Benitez menyebut timnya kini tak hanya terpaku pada satu pendekatan saja.

Dari segi kualitas, Madrid memang sangat berbahaya apabila bermain direct. Pasalnya, mereka memiliki penyerang-penyerang yang gesit serta mampu merangsek ke kotak penalti lawan dengan sekejap.

“Kami adalah tim yang mengandalkan penguasaan bola, tetapi kami juga mampu mengandalkan kecepatan dan bermain direct ke depan. Penting bagi kami untuk melakukan variasi serangan,” sebut Benitez dalam situs resmi klub.

Pada Rabu (30/12) malam lalu, Madrid menutup perjalanan mereka di 2015 dengan kemenangan 3-1 atas Real Sociedad. Perihal pendekatan taktiknya di laga ini,  Benitez mengakui dirinya harus melakukan beberapa perubahan di tengah-tengah laga.

Oleh karena itu, eks manajer Liverpool ini puas para pemainnya mampu merespons instruksinya dengan baik.

“Dalam babak pertama kami mendominasi penguasaan bola, dan di babak kedua hal tersebut sedikit berkurang. Setiap tim yang bertandang ke sini selalu meningkatkan level permainannya. Mereka berhasil mencetak gol tetapi kami mampu bereaksi. Kami mencetak tiga gol dan mungkin saja bisa lebih,”

“Kami mengawali laga dengan formasi 4-2-3-1 tetapi para pemain mengatakan bahwa mereka perlu bermain dengan tiga orang di lini depan. Dan ketika kami mengubah formasi dan berjalan baik, ini menegaskan bahwa kami perlu terus bermain seperti ini. Tetapi ketika taktik kami mulai mandek, kami mengubahnya menjadi 4-4-2. Yang terpenting adalah tim ini tetap fokus, dan terus bekerja keras dan memberikan segala kemampuan”.

Comments
Loading...