Pesan Philipp Lahm Agar Krisis Sepak Bola Segera Berakhir

Football5star.com, Indonesia – Dunia sepak bola saat ini sedang berhenti berputar. Tidak ada kompetisi yang dilangsungkan akibat pandemi corona. Situasi ini membuat legenda Bayern Munich, Philipp Lahm, bersedih.

Seperti diketahui, pandemi corona membuat banyak negara menghentikan kompetisi. Bahkan beberapa di antara mereka belum bisa memastikan kapan kompetisi bisa dilanjutkan kembali.

Kondisi ini membuat dunia sepak bola berada dalam krisis yang serius. Namun, Philip Lahm yakin jika semua kalangan bisa bersatu dalam melawan virus corona ini, sepak bola bisa segera bangkit lagi.

Jonjoe Kenny - Philipp Lahm - Schalke - Eurosport
Eurosport

“Sepak bola bahkan bisa muncul lebih kuat dari krisis dengan satu syarat, yaitu jika para pemain dan pejabat bertindak sebagai panutan di depan umum melalui perilakunya. Penggalangan dana pelatih dan pemain menunjukkan bahwa mereka punya tanggung jawab,” ujar Lahm seperti dilansir AS, Minggu (29/3/2020).

“Ini saat yang tepat untuk memberikan sesuatu kepada masyarakat bahwa yang membawa olahraga kami dan orang-orang mencintai sepak bola. Sepak bola saat ini berada dalam krisis eksistensial, jadi solidaritas sangat diperlukan,” imbuhnya.

Pandemi corona juga berdampak besar pada sepak bola Jerman, termasuk Bundesliga yang harus ditangguhkan. Walau begitu, legenda timnas Jerman meminta agar semua pihak yang ada di lingkup sepak bola tetap bersatu dan mempertahankan filosofi sepak bola Jerman.

“Yang penting bagi kami adalah untuk mempertahankan struktur yang menjadi ciri sepak bola Jerman. Termasuk pengembangan pemain muda, stadion, persiapan latihan dan persetujuan publik,” tutup Philip Lahm.