Pesta Gol Ke Gawang Roma, Barcelona Lolos ke 16-Besar

Barcelona berpesta gol saat menjamu AS Roma di Stadion Camp Nou pada matchday ke-5 Liga Champions, Selasa (24/11). Kemenangan atas klub Serie A itu berujung tiket babak 16-Besar bagi Blaugrana.

Laga baru berjalan empat menit, Lionel Messi mengancam gawang Roma. Namun, tembakan melengkung Messi berhasil ditepis kiper Wojciech Szczesny.

Edin Dzeko membuang kesempatan untuk membawa Roma unggul pada menit ke-13. Umpan silang Radja Nainggolan gagal ditanduk dengan sempurna oleh striker asal Bosnia Herzegovina itu.

Dua menit berselang, justru Barcelona yang akhirnya menceploskan bola ke gawang Roma. Usai bekerja sama dengan Neymar, Dani Alves mengirim umpan yang disambar oleh Luis Suarez.

Messi menggandakan keunggulan Barcelona tiga menit kemudian. Messi mengecoh Szczesny dengan tendangan cungkil setelah bekerja sama dengan Neymar dan Suarez.

Jelang turun minum, Suarez kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah melepaskan tendangan voli dari dalam kotak penalti Roma tanpa kawalan ketat. Barcelona menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0 atas Roma.

Barcelona tidak menyurutkan agresivitasnya pada babak kedua. Terbukti, tuan rumah terus melancarkan serangan ke sektor pertahanan I Giallorossi.

Enam menit babak kedua berjalan, tembakan Neymar masih mampu dimentahkan Szczesny. Tak lama kemudian, Roma balik menekan melalui tembakan pemain pengganti, Iago Falque yang ditepis kiper Marc-Andre ter Stegen.

Gerard Pique turut menyumbangkan gol bagi Barcelona. Messi melakukan manuver ke kotak penalti Roma sebelum mengoper bola yang dikonversi menjadi gol oleh bek Barcelona itu.

Laga berjalan satu jam, Messi mencetak gol keduanya dalam laga ini. Tembakan Suarez sukses ditepis oleh Szczesny, tetapi Messi menyambar bola liar hingga menghujam gawang tim tamu.

Barcelona mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran Salih Ucan terhadap Neymar pada menit ke-77. Tendangan Neymar dari titik putih terbaca oleh Szczesny, tetapi Adriano Coreira menyambut bola liar dengan tendangan keras yang akhirnya berbuah gol keenam Blaugrana.

Dzeko menyia-nyiakan peluang saat mendapat penalti usai dilanggar oleh Thomas Vermaelen pada menit ke-82. Ter Stegen berhasil membaca arah tembakan bomber pinjaman dari Manchester City itu.

Namun, Dzeko akhirnya mencetak gol penghibur Roma pada injury time melalui sundulan yang berawal dari umpan silang Lucas Digne.

Barcelona lolos ke babak 16-Besar Liga Champions sebagai juara Grup E dengan 13 poin dari lima laga. Roma tepat di bawah Barcelona dengan lima poin atau sama jumlahnya dengan Bayer Leverkusen.

SUSUNAN PEMAIN

BARCELONA: Ter Stegen; Dani Alves, Piquè (Bartra 56′), Vermaelen, Jordi Alba; Rakitic, Busquets (Sergi Samper 46′), Sergi Roberto (Adriano 64′); Messi, Suarez, Neymar
AS ROMA: Szczesny; Maicon, Manolas, Rudiger, Digne; Pjanic (Ucan 75′), Keita, Nainggolan (Iturbe 46′); Florenzi (Vainqueur 58′), Dzeko, Iago Falque

Comments
Loading...