Pesta Juara Leicester Melebar Sampai ke Negara Asia Tenggara

Leicester City berpesta usai kemenangan atas Everton pada Sabtu (7/5) malam. Namun, pesta tak hanya digelar di Stadion King Power. Sekitar 9.000 kilometer dari sana, kelompok fans di Thailand yang menamai diri mereka ‘Siam-Foxes’ turut menggelar pesta meriah.

Mereka membentangkan spanduk biru bertuliskan “Leicester City – Thailand’s team”. Setidaknya ada sekitar 1.500 fans yang berkumpul untuk merayakan pesta juara klub berjuluk The Foxes itu.

Apa yang dilakukan fans di Thailand memang cukup beralasan. Lantaran, pemilik Leicester, Vichai Srivaddhanaprabha merupakan salah satu manusia terkaya asal Thailand.

“Saya merasa senang sekali orang-orang Thailand bisa menciptakan hal yang hebat dan Leicester bisa membuat orang lebih mengenal Thailand. Saya suka pada cara Leicester bermain. Saya suka Riyad Mahrez karena dia bermain seperti saya,” kata Khampee Jirawinit, pegawai farmasi dari Thailand utara dikutip dari Reuters.

Jumlah pendukung Leicester di Thailand memang mulai meningkat seiring kesukesan yang diraih. Laman Facebook Leicester City Thai memiliki hampir 620.000 like sampai kemarin, padahal pada awal musim ini hanya 5.000-6.000 like.

Banyak orang Thailand yang mengadopsi Leicester sebagai tim kedua mereka. Khampee adalah salah seorang dari mereka. Tim pertamanya adalah Manchester United, dan dia kemudin memilih Leicester sejak enam bulan silam.

“Mereka adalah tim yang sepertinya muncul dari dewa. Peluangnya (menjadi juara) adalah 1:5.000 dan mereka berhasil mematahkannya menjadi juara,” bilang Khampee.

Sebagian penggemar melapisi badannya dengan bendera Leicester yang bertuliskan kalimat suci Budha dari seorang biksu Thai bernama Phra Prommangkalachan.

Sudah menjadi rahasia umum, Vichai adalah penganut Buddha yang taat. Pria berusia 63 tahun itu rutin mendatangi asisten kepala biara Kuil Traimitr di Bangkok. Dia berulang kali terbang ke Inggris untuk membawa berkat sang biksu bagi Leicester City dan stadion mereka.

Fans percaya berkah sang Buddha dan jimat yang dia berikan kepada Leicester telah mengantarkan mereka mengangkat trofi juara. “Pesona keberuntungan adalah hal yang diyakini para pemain sepak bola dan turut berperan kepada mereka hingga menjadi juara,” kata Natthapat Pornpiwat, yang sudah bekerja selama 18 tahun untuk King Power.

Comments
Loading...