Philippe Troussier: Vietnam Butuh 100 Pemain untuk Piala Dunia 2026

Football5Star.com, Indonesia – Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF) sudah menyatakan target lolos ke Piala Dunia 2026. Target itu antara lain sempat ditegaskan Wakil Presiden VFF, Tran Quc Tuan. Mengomentari hal itu, Philippe Troussier yang melatih timnas U-19 mengatakan, Vietnam perlu 100 pemain.

“Saya katakan, untuk bersiap ke Piala Dunia 2026, kami perlu semua generasi pemain kelahiran 1998 hingga 2004. Jumlahnya bisa mencapai 100 orang,” urai Philippe Troussier seperti dikutip Football5Star.com dari media Vietnam.

Eks pelatih timnas Jepang itu menambahkan, “Mereka, 100 pemain ini, akan menuai pengalaman, tantangan di turnamen-turnanen, dari Pra-Piala Dunia hingga SEA GAmes 2021 dan Kualifikasi Olimpiade 2024.”

Masalahnya kemudian, menurut Troussier, para pemain kelahiran 1998 hingga 2004 itu sangat sulit mendapatkan jam bermain. Kesulitan itu bahkan dirasakan saat berlaga di Liga Vietnam.

nld.com.vn

“Pertanyaan sebenarnya adalah, di mana 100 pemain ini sekarang? Sebarapa banyak pertandingan yang mereka lakoni? Para pemain ini perlu latihan, itu benar. Namun, mereka juga harus bermain,” kata Troussier.

Pelatih berumur 65 tahun itu lantas menyodorkan satu nama sebagai contoh. Dia adalah striker Nguyen Van Tung yang jadi andalannya di timnas U-19 Vietnam.

“Pemain ini berkelas, tapi tak dapat bermain di V. league. Jika dikatakan saya tak punya banyak pemain U-19 di klub-klub V. League, inilah masalahnya,” urai Philippe Troussier lagi. “Saya kira masalahnya terletak pada para pelatih. Mereka berpikir para pemain U-19 terlalu muda untuk bermain di level profesional. Para pelatih Vietnam berpikiran seperti itu.”

Timnas Vietnam yang kini diasuh Park Hang-seo ditagetkan lolos ke Piala Dunia 2026. Hal itu didasarkan pada pertambahan jumlah peserta dari 32 menjadi 48 tim. Untuk merealisasikan target itu, Philippe Troussier sebagai pelatih tim U-19 punya peran krusial. Para pemain asuhannya saat inilah yang seharusnya jadi andalan saat nanti berada di Piala Dunia 2026.

Philippe TroussierPiala Dunia 2026Timnas U-19 Vietnamtimnas vietnam