Piala Afrika 2017: Ghana Kalahkan Uganda, Mali Imbangi Mesir

Football5star, Indonesia – Ghana membuka kiprahnya di Piala Afrika 2017 dengan mengalahkan Uganda 1-0. Sementar Mesir berimbang tanpa gol lawan Mali.

Laga perdana Grup D dihelat di Stade de Port-Gentil, Selasa (17/1/2017) malam WIB, antara Ghana kontra Uganda. Ghana sendiri bermain menyerang sejak menit awal dan tak memberikan kesempatan untuk Uganda mengembangkan permainan.

Secara total permainan, Uganda sebenarnya menciptakan peluang lebih banyak dengan membuat 12 attempts dan empat di antaranya mengarah ke gawang. Sementara Ghana melepaskan 10 percobaan dengan separuhnya tepat sasaran.

Gol kemenangan Ghana diciptakan di menit ke-32 lewat titik putih oleh Andre Ayew. Usaha Uganda mengejar ketertinggalan di babak kedua sia-sia setelah tak ada gol tercipta hingga akhir pertandingan.

Ghana sendiri memuncaki klasemen di akhir Matchday I dengan tiga poin menyusul hasi imbang 0-0 yang didapat Mesir saat menghadapi Mali di tempat yang sama, Rabu (18/1/2017) dinihari WIB.

Meski berstatus sebagai negara terbanyak juara Piala Afrika, Mesir rupanya cukup kerepotan menghadapi Mali dan tak banyak peluang yang dibuat ke gawang lawannya.

Seperti dikutip Soccernet, Mesir yang menguasai 54 persen ball possesion hanya bikin dua tembakan tepat sasaran dari total tujuh. Sementara Mali punya 13 upaya percobaan dengan dua mengarah sasaran.

Meski Mesir punya Mohamed Salah dan Mohamed Elneny, keduanya gagal menaikkan permainan tim. Skor imbang bertahan hingga pertandingan berakhir.

Di laga ini kiper Mesir, Essam El-Hadary, mencatatkan rekor sebagai pemain tertua yang tampil sepanjang sejarah turnamen di usia 44 tahun dan dua hari. El-Hadary sebenarnya cuma jadi pemain cadangan sebelum kiper utama, Ahmed El-Shanawy cedera bahu di pertengahan laga.

Hasil seri itu membuat Matchday I Piala Afrika tahun ini selalui diwarnai hasil seri di setiap grup.

ghana vs ugandagrup dmali vs mesirpiala afrikaPiala Afrika 2017