Piala Afrika 2017: Senegal Lolos ke Perempatfinal, Aljazair Terancam

Footbal5star, Indonesia – Senegal memastikan diri lolos ke Perempatfinal Piala Afrika 2017. Sementara itu Aljazair di ambang kegagalan menyusul kekalahan dari Tunisia.

Pada pertandingan kedua Grup B kontra Zimbabwe yang dihelat di Stade de Franceville, Franceville, Jumat (20/1/2017) dinihari WIB, Senegal bermain menyerang sejak menit awal dan tak memberikan lawannya kesempatan mengembangkan pemainan.

Di menit kesembilan, Senegal langsung membuka keunggulan lewat Sadio Mane. Dari sebuah serbuan ke pertahanan Senegal, Keita Balde menusuk dari sisi kiri dan melepaskan umpan tarik ke tiang jauh yang disambut sepakan terukur Mane.

Empat menit berselang Senegal malah menggandakan keunggulan mereka jadi 2-0 lewat sepakan bebas Henri Saivet yang mengarah ke sisi kanan kiper Zimbabwe.

Senegal sendiri relatif menguasai pertandingan setelah itu dan coba mencari gol-gol tambahan tapi gagal. Sementara, Zimbabwe sempat beberapa kali coba mengancam tapi sampai laga berakhir, skor 2-0 tetap untuk keunggulan Senegal.

Punya nilai sempurna dari dua pertandingan, Senegal berhak menyegel satu tiket perempatfinal. Kemenangan Senegal ini pula yang membuat posisi salah satu kandidat juara, Aljazair, terjepit.

Pasalnya Aljazair beberapa jam sebelum itu menelan kekalahan dengan skor 1-2 dari Tunisia. Hasil ini membuat Aljazair berada di posisi ketiga klasemen dengan satu poin, di bawah Tunisia yang memiliki tiga angka.

Kelolosan Aljazair ke perempatfinal tak cuma ditentukan lewat kemenangan atas Senegal di partai terakhir, tapi juga berharap Tunisia kalah dari Zimbabwe.

Tunisia unggul duluan pada menit ke-50 lewat bunuh diri Aissa Mandi saat menghalau bola umpan silang Youssef Msakni.

Keunggulan Tunisia bertambah di menit ke-66 lewat sepakan penalti Naim Sliti menyusul pelanggaran Faouzi Ghoulam terhadap Wahbi Khazri.

Gol hiburan Aljazair dibuat di masa injury time lewat tembakan keras Sofiane Hanni meneruskan umpan silang Adlene Guedioura.

Comments
Loading...