Piala Afrika 2021 Resmi Diundur karena Pandemi Virus Corona

Football5Star.com, Indonesia – Africa Cup of Nations atau Piala Afrika 2021 resmi diundur sampai Januari 2022 karena pandemi virus corona. Selain itu, Piala Afrika wanita bahkan resmi dibatalkan karena alasan yang sama.

Piala Afrika sebenarnya akan diadakan pada Januari nanti. Selain itu, kompetisi African Nation Championship yang seharusnya diadakan pada April lalu, sekarang diundur sampai Januari 2021. Kedua kompetisi itu diadakan di Kamerun.

“Kesehatan adalah prioritas utama kami. Kami harus tetap waspada,” ucap presiden Asosiasi Sepak Bola Afrika (CAF), Ahmad Ahmad, seperti dilansir Football5Star.com dari BBC.

CAF Konfirmasi Piala Afrika 2021 Tetap Diadakan Sesuai Jadwal
The Star Online

Dengan begitu, Piala Afrika nantinya akan berada di tahun yang sama dengana Piala Dunia 2022, skenario yang sama terjadi di Piala Dunia 2010.

Kompetisi itu akhirnya dipindah ke tahun ganjil, 2013, supaya menghindari bentrok yang berisiko merugikan tim-tim Afrika di Piala Dunia dengan memberi mereka musim kompetisi yang panjang.

Tapi kabar diundurnya kompetisi ini mungkin menjadi kabar baik untuk beberapa klub Eropa. Seperti yang diketahui selain tahun lalu, Africa Cup of Nations selalu diadakan pada bulan Januari dimana saat itu kompetisi di Eropa sedang berjalan.

Jelas Liverpool yang paling kehilangan karena mereka mengandalkan dua winger asal Afrika, Sadio Mane dan Mohamed Salah. Ada juga Manchester City yang memiliki Riyad Mahrez.

Di Serie A ada Napoli yang memiliki Kalidou Koulibaly. AC Milan yang memiliki Ismail Bennacer. Inter Milan yang baru saja akan mendatangkan Achraf Hakimi bisa saja kehilangan sang pemain setelah hanya 4 bulan bermain mengingat Serie A musim depan baru akan berjalan September.