5 Persamaan Timnas Prancis 2018 dengan 1998

196

Football5star.com, Indonesia – Keberhasilan melangkah ke final Piala Dunia 2018 membuat banyak orang kini mulai membanding-bandingkan timnas Prancis saat ini dengan ketika juara di Piala Dunia 1998. Pelatih Didier Deschamps memang menampik hal itu. Namun, bila ditelisik, memang ada beberapa persamaan.

Keberadaan Deschamps saja sudah menjadi hal yang sama. Namun, di Piala Dunia 1998, dia masih berstatus pemain. Terlepas dari faktor Deschamps, berikut ini Football5Star.com menyajikan 5 persamaan timnas Prancis 2018 dengan 1998.


Tiga Bek Mencetak Gol

Di timnas Prancis yang berkiprah di Piala Dunia 1998 dan 2018 sama-sama ada tiga bek yang mencetak gol. Di skuat 1998, ketiga bek itu adalah Bixente Lizarazu, Laurent Blanc, dan Lilian Thuram. Lizarazu menjebol gawang Arab Saudi di penyisihan grup. Blanc mencetak golden goal saat 16-besar melawan Paraguay. Adapun Thuram memborong dua gol ke gawang Kroasia di semifinal.

Sementara itu, di skuat 2018, tiga bek yang telah mencatatkan diri di papan skor adalah Benjamin Pavard, Raphael Varane, dan Samuel Umtiti. Pavard mencetak gol ke gawang Argentina di babak 16-besar. Varane menjebol gawang Uruguay di perempat final. Umtiti membuat gol tunggal ke gawang Belgia di semifinal.


Striker Mandul
Olivier Giroud seperti Stephane Guivarc'h dan Christophe Dugarry di Piala Dunia 1998.
zimbio.com

Ujung tombak yang tumpul jadi persamaan lain skuat timnas Prancis di Piala Dunia 2018 dengan 1998. Di Prancis 1998, Stephane Guivarc’h sama sekali tak mencetak gol walaupun turun dalam enam pertandingan. Striker lainnya, Christophe Dugarry, agak lebih baik dengan mencetak satu gol.

Di Rusia 2018, sosok striker tumpul di Les Bleus adalah Olivier Giroud. Selalu jadi andalan pelatih Didier Deschamps, belum satu gol pun yang dijaringkan striker milik Chelsea tersebut. Menariknya, Deschamps tak terlalu ambil pusing mengenai hal itu.


Ritus Khusus
Ritus Griezmann-Rami mengingatkan pada ritus Blanc-Barthez.
bfmtv.com

Di Piala Dunia 1998, Laurent Blanc dan Fabien Barthez punya ritus khusus setiap hendak memulai laga. Blanc selalu mencium kepala plontos sang kiper. Mereka mengakui hal itu dilakukan karena dianggap membawa keberuntungan bagi timnas Prancis.

Hal hampir sama ada di skuat Les Bleus di Piala Dunia 2018. Kali ini, ritus tersebut adalah mengusap kumis bek Adil Rami. Sejumlah pemain, terutama Antoine Griezmann, selalu mengusap kumis sang bek tengah sebelum pertandingan. Hasilnya, Griezmann membuat gol ke gawang Uruguay, sedangkan Kylian Mbappe dua kali menjebol gawang Argentina.


Winger Subur
Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe seperti Thierry Henry di Piala Dunia 1998
taringa.net

Di skuat Piala Dunia 1998 dan 2018, timnas Prancis memiliki winger yang lebih tajam dibanding sang ujung tombak. Di Prancis 1998, sosok itu adalah Thierry Henry. Sepanjang turnamen, dia berhasil membuat 3 gol yang menjadikannya pemain tersubur di skuat Les Bleus.

Di Rusia 2018, pemain tersubur Les Bleus juga bukan ujung tombak. Hingga semifinal, Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe sama-sama sudah mencetak 3 gol. Dalam skema permainan pelatih Didier Deschamps, keduanya dioperasikan sebagai winger yang mengapit Olivier Giroud.


Empat Clean Sheet Hingga Semifinal
Hugo Lloris membawa timnas Prancis clean sheet dalam empat laga.
Twitter @OptaJean

Persamaan lain timnas Prancis di Piala Dunia 1998 dan 2018 adalah jumlah clean sheet yang dibuat hingga semifinal. Dalam dua edisi Piala Dunia tersebut, Les Bleus sama-sama empat kali clean sheet dari fase grup hingga final.

Di Prancis 1998, clean sheet dibuat Les Bleus saat menghadapi Afrika Selatan, Arab Saudi, Paraguay, dan Italia. Adapun di Rusia 1998, Les Bleus tak kebobolan saat menghadapi Peru, Denmark, Uruguay, dan Belgia. Mengingat pada 1998 Les Bleus juga clean sheet di laga pamungkas, patut dinantikan hasil final Piala Dunia 2018 pada Minggu (15/7/2018).


Jangan lupa ikutan kuis Football5star.com. Prediksi skor pertandingan Piala Dunia 2018 dengan kesempatan membawa pulang Mobil Honda Brio, Motor Honda Vario, Motor Honda Beat, dan banyak lagi hadiah menarik. Buruan daftar di kuis.football5star.com

Get real time updates directly on you device, subscribe now.