Beberapa Hal yang Perlu Diketahui di Piala Dunia 2018

125

Kuis Piala Dunia 2018 Football5Star.com, Indonesia – Piala Dunia 2018 akan resmi bergulir pada Kamis (14/6/2018). Laga Rusia vs Arab Saudi di Stadion Luzhniki, Moskow, menjadi titik awal gelaran akbar empat tahunan itu.

Tak seperti edisi-edisi sebelumnya, ada beberapa hal berbeda yang akan diterapkan di Piala Dunia 2018. Berikut adalah beberapa hal tersebut.


Perangkat Pertandingan

Berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya, jumlah perangkat pertandingan di Piala Dunia 2018 lebih banyak, jadi dua kali lipat. Jika sebelumnya hanya empat orang, kini jadi delapan orang. Itu karena adanya penggunaan video assistant referee (VAR). Penugasan seluruh perangkat pertandingan dilakukan secara langsung oleh Komisi Wasit FIFA.

Berikut adalah perangkat pertandingan untuk setiap laga di Piala Dunia 2018.

  • 1 orang wasit utama
  • 2 orang asisten wasit atau hakim garis
  • 1 orang ofisial keempat atau wasit cadangan
  • 4 orang pemantau VAR

Format Kompetisi

Secara garis besar, Piala Dunia 2018 menggunakan dua sistem. Pertama, sistem setengah kompetisi atau round robin pada penyisihan grup. Kedua, sistem gugur dari babak 16-besar hingga final.

Penyisihan Grup

Sebanyak 32 tim peserta dibagi ke dalam delapan grup. Artinya, setiap grup dihuni oleh empat tim. Dua tim teratas di setiap grup akan lolos ke babak berikutnya, yakni fase gugur. Penentuan peringkat diatur dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Total poin yang diraih
  2. Selisih gol total
  3. Total gol yang dibuat

Jika ada dua atau lebih tim dengan poin, selisih gol, dan gol yang sama, penentuannya adalah:

  1. Poin yang diraih dari head to head di antara tim-tim tersebut
  2. Selisih gol dari head to head di antara tim-tim tersebut
  3. Gol yang dibuat dalam head to head di antara tim-tim tersebut
  4. Nilai fair play. Tim dengan nilai terbesar akan dinyatakan unggul. Ketentuannya:
    • Kartu kuning: -1
    • Kartu merah tak langsung (kartu kunjng kedua dalam laga yang sama): -3
    • Kartu merah: -4
    • Kartu kuning dan kartu merah langsung: -5
  5. Jika hasil masih sama berdasarkan empat kriteria itu, FIFA akan melakukan pengundian untuk menentukan peringkat tim-tim tersebut

Fase Gugur

Untuk fase gugur, tidak banyak perubahan dari format yang digunakan sebelumnya. Jika laga imbang dalam 90 menit, diadakan perpanjangan waktu 2×45 menit. Jika masih imbang juga, diadakan adu penalti.

Satu-satunya peraturan baru yang diberlakukan pada fase gugur di Piala dunia 2018 adalah menyangkut pergantian pemain. Setiap tim boleh melakukan pergantian keempat pada perpanjangan waktu hingga adu penalti.

Artinya, jika telah melakukan tiga pergantian pemain pada 2×45 menit, sebuah tim masih bisa melakukan satu pergantian lagi.