Dalic: Tak Ada Misi Balas Dendam di Final

0 199

Football5star.com, Indonesia РTimnas Kroasia memastikan diri sebagai lawan timnas Prancis di final Piala Dunia 2018. Kemenangan 2-1 atas timnas Inggris di semifinal, Kamis (12/7/2018) dinihari WIB, membuat anak-anak asuh Zlatko Dalic berpeluang melakukan balas dendam atas kekalahan dua puluh tahun silam.

Di semifinal Piala Dunia 1998, timnas Kroasia dipaksa takluk 1-2 oleh timnas Prancis lewat brace dari sosok yang tak terduga, bek Lilian Thuram. Tak heran, sebagian orang melihat laga final Piala Dunia 2018 tak ubahnya sebuah ajang balas dendam.

Didier Deschamps dan Slaven Bilic saat Prancis vs Kroasia di Piala Dunia 1998.
Twitter @FIFAWorldCup

Akan tetapi, Dalic menampik hal itu. Dia menegaskan, tak ada misi balas dendam dalam laga final di Stadion Luzhniki, Minggu (15/7/2018).

“Kedua tim telah menunjukkan kualitas masing-masing. Kami tak mencanangkan balas dendam. Ini sepak bola. Ini olahraga. Hal yang harus kami lakukan adalah fokus mempersiapkan permainan terbaik kami di final nanti,” tutur Dalic seperti dikutip Football5Star.com dari situs resmi FIFA.

Dalic mengakui, dirinya tak lupa kejadian di semifinal Piala Dunia 1998. Dia termasuk salah satu suporter Vatreni yang datang ke Prancis. Namun, dia tak mau terlarut dalam kesumat karena kemenangan dan kekalahan adalah hal biasa dalam olahraga.

“Pada 1998, saya di Prancis dalam tiga laga awal sebagai suporter. Semua orang di Kroasia mengingat laga ketika (Lilian) Thuram mencetak gol dan kami kalah 2-1. Ini telah menjadi topik diskusi selama 20 tahun. Saya ingat, kami merayakan gol (Davor) Suker, tapi kedudukan imbang ketika kami kembali duduk,” kenang dia.

Menjejak final Piala Dunia 2018 adalah sejarah tersendiri bagi timnas Kroasia. Itulah final pertama mereka di ajang akbar empat tahunan ini. Bahkan, final adalah hal yang tak tergapai saat negeri itu masih bersatu sebagai Yugoslavia hingga Piala Dunia 1990.


Jangan lupa ikutan kuis Football5star.com. Prediksi skor pertandingan Piala Dunia 2018 dengan kesempatan membawa pulang Mobil Honda Brio, Motor Honda Vario, Motor Honda Beat, dan banyak lagi hadiah menarik. Buruan daftar di kuis.football5star.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.