FIFA Isyaratkan VAR Dipakai di Piala Dunia 2018

Football5Star.com, Indonesia – FIFA mengisyaratkan teknologi video assistant referee (VAR) akan dipakai di gelaran Piala Dunia 2018. Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Komersial FIFA, Philippe Le Floc’h. Dia mengakui, pihaknya saat ini tengah melakukan negosiasi dengan beberapa perusahaan teknologi untuk penerapan VAR di Piala Dunia nanti.

Philippe Le Floc'h isyaratkan penggunaan VAR di Piala Dunia 2018
pilotonline.com

“Tentu saja VAR akan diterapkan,” kata Le Floc’h kepada Associated Press, Senin (22/1/2018). “Penerapan teknologi di sepak bola sangatlah bagus karena ini demi keadilan. Kami tengah berbicara dengan berbagai perusahaan teknologi yang berminat dengan teknologi yang kami inginkan.”

Pengakuan Le Floc’h itu terbilang mengejutkan. Pasalnya, penggunaan teknologi itu belum masuk ke dalam rules of the game. Sebuah peraturan baru sah digunakan bila mendapat¬†pengesahan dari International Football Association Board (IFAB). Rencananya, pembahasan mengenai teknologi tayang ulang untuk mengkaji insiden di lapangan baru akan dilakukan pada 2 Maret mendatang.

Sejauh ini, VAR telah diterapkan di beberapa liga besar Eropa. Belakangan, teknologi ini juga diterapkan di Inggris. Namun begitu, VAR tak lantas mengenyahkan kontroversi. Berbagai kasus di Serie A, Bundesliga 1, bahkan di Premier League menunjukkan bahwa putusan yang dibuat berdasarkan bantuan teknologi itu pun masih bisa mengundang kontroversi dan keliru.

Di Bundesliga, berdasarkan poling yang dilakukan Kicker, 47 persen pemain menginginkan VAR tak lagi diterapkan. Ini merupakan salah satu bukti bahwa teknologi yang satu ini perlu pengkajian lebih dalam. Namun, bila IFAB sudah mengesahkannya ke dalam rules of the game, tentu saja siapa pun tak bisa menolak penerapannya di Piala Dunia 2018.

Comments
Loading...