Spanyol Tak Punya Pilihan Selain Pecat Lopetegui

113

Football5star.com, Indonesia – Mantan Manajer Timnas Inggris, Sam Allardyce, menilai Timnas Spanyol tak punya pilihan selain memecat Pelatih Julen Lopetegui yang telah ‘berkhianat’ ke Real Madrid.

La Roja dihantam krisis kurang 48 jam sebelum kick-off di Piala Dunia, dengan Lopetegui dipecat oleh Federasi Sepak bola Spanyol. Hal ini karena pria 51 tahun bakal melatih Real Madrid musim depan.

Lopetegui, Tak Ingin, Berpolemik, Jersey Spanyol
Getty Images

Padahal, ia masih terikat kontrak dengan Tim Matador sampai 2020. Lebih parahnya lagi, Lopetegui baru memberi tahu keputusannya kepada Federasi Sepak bola Spanyol, lima menit sebelum Madrid membuat pengumuman terkait penunjukkan Lopetegui.

Federasi Sepak bola Spanyol pun tak terima dan langsung memecat Lopetegui keesokan harinya.

“Jika saya adalah Federasi Sepak bola Spanyol, saya akan marah dengan Real Madrid. Itu tepat pada malam Piala Dunia dan itu telah membuat mereka dalam situasi yang sangat memalukan dan sulit,” kata Allardyce seperti dilansir Soccerway.

“Saya tidak melihat ada pilihan lain bagi mereka selain memecat Lopetegui. Ini adalah kesulitan yang tidak mereka harapkan, dan semoga saja itu tidak mempengaruhi para pemain ketika mereka sampai di Rusia.”

Usai pemecatan Lopetegui, Federasi Sepak bola Spanyol langsung menunjuk Fernando Hierro sebagaoi caretaker di Piala Dunia. Sebelumnya, Hierro menjabat sebagai Direktur Teknik Timnas Spanyol.

“Jika pemain merasa nyaman dengan pria yang menggantikan Lopetegui, maka mereka akan bermain dengan baik. Pelatih datang dan pergi,” Allardyce menambahkan.