Wasit Argentina Pimpin Laga Pembuka Piala Dunia 2018

90

Football Live Star Football5Star.com, Indonesia – Piala Dunia 2018 sudah di depan mata. Kamis (14/6/2108), laga pembuka akan dimainkan. Rusia selaku tuan rumah menghadapi Arab Saudi. Laga yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskow, itu akan dipimpin oleh wasit Argentina, Nestor Pitana.

FIFA mengumumkan Pitana sebagai wasit laga pembuka Piala Dunia 2018 pada Selasa (12/6/2018). Dia akan dibantu Juan Pablo Bellati dan Hernan Maidana yang bertindak sebagai hakim garis. Sementara itu, ofisial keempat adalah Sandro Ricci dari Brasil.

Nestor Pitana saat memimpin Rusia vs Korsel di Piala Dunia 2014.
zimbio.com

Selain mengumumkan wasit utama dan para pembantunya, FIFA juga mengumumkan empat wasit petugas VAR untuk laga pembuka itu. Mereka adalah duo Italia, Massimiliano Irrati dan Daniele Orsato, Mauro Vigliano (Argentina), serta Carlos Astroza (Cile).

Bagi Pitana, laga pembuka antara Rusia dan Arab Saudi adalah laga kelima yang dipimpinnya di Piala Dunia. Sebelumnya, dia memimpin empat pertandingan di Piala Dunia 2014.

Satu hal yang menarik, laga pertama yang dipimpin Pitana di Brasil 2014 juga melibatkan Rusia. Secara kebetulan, lawan Tim Beruang Merah itu juga adalah wakil Asia, yakni Korea Selatan. Adapun hasil laga di Stadion Pantanal, Cuiaba, itu berkesudahan imbang 1-1.

Keterlibatan di Piala Dunia 2018 kali ini pun membuat Pitana mengguratkan catatan tersendiri. Dia merupakan wasit Argentina kedua yang berpartisipasi di dua edisi Piala Dunia. Sebelum dia, ada Norberto Coerezza yang memimpin dua laga di Piala Dunia 1970 dan satu pertandingan di Argentina 1978.