Kemenangan Dramatis AS atas Inggris Jadi Kado Ultah Alex Morgan

Football5star.com, Indonesia – Amerika Serikat berhasil memastikan satu tempat di babak final Piala Dunia Wanita 2019 setelah menang dramatis atas Inggris 2-1 pada babak semifinal pada Rabu (3/7). Kemenangan di Groupama Arena, Lyon ini mereka raih berkat gol pemain yang tengah berulang tahun, Alex Morgan, pada menit ke-31.

Tampil sebagai tim unggulan, Amerika Serikat langsung meraih keunggulan pada menit ke-15 lewat sundulan tajam Christine Press. Namun, keunggulan mereka tak bertahan lama. Pada menit ke-19, Ellen White berhasil mencetak gol penyama kedudukan setelah ia mampu memaksimalkan umpan silang Beth Mead.

Pada menit ke-31, Amerika Serikat berhasil kembali meraih keunggulan. Kali ini, giliran Alex Morgan yang memaksimalkan umpan kiriman Lindsey Horan melalui sundulan tajam yang tak kuasa ditahan oleh Telford.

Selepas gol dari Morgan, kedua tim sama-sama saling jual beli serangan. Namun, tak ada gol tambahan yang tercipta di sisa waktu babak pertama. Paruh pertama pun berakhir dengan skor 2-1 untuk Amerika Serikat.

Alex Morgan - Inggris vs Amerika Serikat - Piala Dunia Wanita - BBC
BBC

Babak Kedua Penuh Momen Dramatis

Di paruh kedua pertandingan, Inggris tampil lebih menekan untuk mencetak gol penyama kedudukan. Asyik menyerang, Inggris malah hampir kecolongan pada menit ke-60. Beruntung, sepakan Press yang memanfaatkan kesalahan Telford masih melenceng dari gawang.

Usaha keras dari pasukan Phil Neville akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-68 melalui White. Namun, drama pertama hadir. Video Assistant Referee (VAR) menganulir gol tersebut karena White sudah terlebih dahulu terjebak off-side.

Pada menit ke-83, The Lionesses, mendapatkan peluang emas lewat titik putih setelah White dijatuhkan oleh Becky Suerbrunn di dalam area terlarang. Lagi-lagi keputusan yang dilatari VAR ini melahirkan momen dramatis. Bola eksekusi penalti dari sang kapten, Steph Houghton berhasil diselamatkan dengan gemilang oleh Naeher.

Beberapa menit setelah kegagalan penalti Houghton, Inggris kembali mendapatkan musibah. Pasalnya, Millie Bright harus diusir wasit setelah ia menerima kartu kuning keduanya. Kartu kuning tersebut diberikan setelah Bright melancarkan tekel keras kepada Morgan. Insiden ini sekaligus melengkapi momen-momen dramatis.

Di sisa waktu pertandingan, pasukan Jill Ellis berhasil menghalau segala upaya Inggris untuk menyamakan kedudukan. Skor 2-1 pun menjadi hasil akhir dari pertandingan ini.

Partai final Piala Dunia wanita akan digelar pada Minggu (7/7) mendatang di Groupama Arena, Lyon. Amerika Serikat akan menghadapi pemenang dari partai antara Belanda vs Swedia di partai puncak.

SUSUNAN PEMAIN INGGRIS VS AMERIKA SERIKAT:

Inggris: 13Carly Telford; 2-Lucy Bronze, 5-Steph Houghton, 6-Millie Bright, 12-Demi Stokes; 4-Keira Walsh (16-Jade Moore 71′), 8-Jill Scott, 22-Beth Mead (10-Fran Kirby 58′), 17-Rachel Daly (19-Georgia Stanway 89′); 7-Nikita Parris, 18-Ellen White

Pelatih: Phil Neville

Amerika Serikat: 1-Alyssa Naeher; 5-Kelly O’Hara (11-Ali Krieger 88′), 7-Abby Dahlkemper, 4-Becky Sauerbrunn, 19-Crystal Dunn; 9-Lindsey Horan, 8-Julie Ertz, 16-Rose LaVelle (3-Samantha Mewis 65′); 17-Tobin Heath (10-Carli Lloyd 80′), 13-Alex Morgan, 23-Christen Press

Pelatih: Jill Ellis

Kartu Kuning: Bright 40′ 86′- Horan 47′, Sauerbrunn 83′

Kartu Merah: Bright 86′

Comments
Loading...