Piala Eropa U-21: Jerman Juara Usai Kalahkan Spanyol di Final

Football5star.com, Indonesia – Jerman meraih gelar keduanya di Piala Eropa U-21 usai menang 1-0 atas Spanyol pada laga final di Stadion Cracovia, Kraków, Polandia, Jumat (30/6) malam.

Pahlawan kemenangan Jerman adalah Mitchell Weiser, yang mencetak gol semata wayang di laga tersebut. Dengan gelar keduanya ini, Jerman kini sejajar dengan Inggris, Belanda, dan Uni Soviet, yang sama-sama dua kali juara.

Terakhir kali Jerman menjadi jawara adalah pada 2009, saat mengalahkan Inggris dengan skor 4-0 pada final di Malmo, Swedia.

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada Spanyol karena mereka adalah lawan yang benar-benar hebat di final. Kami harus memainkan permainan teknis terbaik dengan banyak keberanian, karena tidak mudah bermain melawan Spanyol saat mereka mencoba membangun permainan,” ujar Stefan Kuntz, pelatih Jerman.

“Pemain saya bermain satu lawan satu dengan luar biasa. Kami berbicara tentang empat poin sebelum pertandingan. Kami berbicara tentang tubuh, bahwa pemain bisa membawa performa terbaiknya. Kami berbicara tentang kepala, bahwa kami tetap tenang, tetap setia pada filosofi kami. Mereka melakukannya, terlepas dari 15-20 menit ketika Spanyol mendapat tekanan,” sambungnya.

Italia masih memimpin dengan perolehan lima gelar juara, disusul Spanyol dengan empat titel. Bagi Spanyol, kekalahan ini menjadi antiklimaks dari performa impresif mereka sepanjang turnamen. Harapan menyamai prestasi Italia pun harus tertunda.

Meski begitu, dua pemain La Rojita -julukan Spanyol, tetap memperoleh penghargaan hiburan. Saul Niguez meraih sepatu emas simbol top skorer berkat koleksi 5 gol. Sementara, Dani Ceballos dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen.

“Ini adalah perasaan pahit, saya senang menjadi pemain terbaik tapi saat ini saya ingin menukar piala tersebut menjadi juara (Eropa),” ucap Ceballos.

Daftar Pengoleksi Gelar Juara Terbanyak Piala Eropa U-21:

5 Italia
4 Spanyol
2 Inggris, Uni Soviet, Belanda, Jerman
1 Yugoslavia, Prancis, Republik Cheska, Swedia

Comments
Loading...