Piala Eropa U-21: Tantang Jerman di Final, Spanyol Kejar Rekor Italia

Football5star.com, Indonesia – Berkat hat-trick Saul Niguez, Spanyol menantang Jerman pada final Piala Eropa U-21 2017 dan berpeluang menyamai rekor juara yang dipegang Italia.

Pada semifinal, Spanyol memenangi duel melawan Italia dengan skor 3-1 di Marshal Jozef Pilsudski Stadium, Cracow, Selasa (27/6). Di final La Rojita bertemu Jerman yang sebelumnya menang adu penalti 4-3 (2-2) atas Inggris.

Duel Jerman versus Spanyol digelar di Stadion Cracovia, Kraków, pada Jumat (30/6). Bagi Spanyol, ini menjadi final ketujuhnya. Sementara bagi Jerman menjadi laga puncak keempat di ajang Piala Eropa U-21. Spanyol sudah mengoleksi 4 gelar juara, terpaut satu di bawah Italia yang mengoleksi titel terbanyak (5). Sementara, Jerman baru mengumpulkan satu gelar.

Pertandingan Spanyol versus Italia sendiri sesungguhnya baru tersaji pada paruh kedua. Bagaimana tidak, pada babak pertama yang berakhir 0-0 nyaris tak ada insiden yang terjadi. Peluang kedua tim di babak pertama masih sama-sama tak berbuah gol.

Pada paruh kedua, gol pertama Saul menjadi momen pembuka pada menit ke-53. Menerima umpan Daniel Ceballos, gelandang Atletico Madrid itu menembakkan bola dengan kaki kiri dari dalam kotak penalti yang tak mampu dijangkau kiper Italia, Gianluigi Donnarumma.

Pada menit ke-58, Italia terpaksa bermain dengan 10 orang setelah Gagliardini diganjar kartu kuning kedua akibat melanggar Ceballos. Meski begitu, Italia sempat mencetak gol penyeimbang melalui bola sepakan kaki kiri Federico Bernardeschi. Bola sempat membentur kaki Jesus Vallejo dan sukses menggetarkan gawang Kepa Arrizabalaga pada menit ke-62.

Hanya sampai di situ perjuangan Italia. Berselang tiga menit, Saul mencatat gol kedua dengan cara apik. Bola tendangan spekulasi kaki kirinya dari jarak cukup jauh meluncur deras ke pojok gawang tanpa mampu diantisipasi Donnarumma.

Unggul 2-1 membuat Spanyol di atas angin. Pada menit ke-74, Saul mencatat gol ketiganya. Menerima umpan Marco Asensio, dia menyambar bola dengan sepakan kaki kiri yang lagi-lagi tak mampu dibendung Donnarumma. Spanyol mengunci kemenangan 3-1 atas Italia.

Pada partai final, La Rojita -julukan Spanyol, akan menantang Jerman yang mampu menyingkirkan Inggris lewat drama adu penalti setelah kedua tim hanya bermain imbang 2-2 sampai 120 menit.

Jerman unggul lebih dahulu melalui gol sundulan Devie Selke pada menit ke-35. Namun, empat menit sebelum jeda, Inggris menyamakan kedudukan melalui gol Demarai Gray. Skor 1-1 menjadi penghias akhir babak pertama.

Selepas jeda, gantian Inggris yang berbalik unggul. Kali ini giliran Tammy Abraham yang mencetak gol guna membawa The Young Lions unggul 2-1 pada menit ke-50. Akan tetapi, Jerman mampu memaksa skor imbang lagi, 2-2, lewat gol Felix Platte pada menit ke-70.

Skor 2-2 itu bertahan sampai akhir babak perpanjangan waktu hingga duel adu penalti terpaksa digelar untuk menentukan pemenang.

Dalam drama adu penalti, dua algojo penalti Inggris gagal, yakni Tammy Abraham
dan Nathan Redmond, sedangkan dari kubu Jerman hanya Yannick Gerhardt yang tak berhasil melakukan tugas dengan baik. Skor adu penalti menjadi 4-3 untuk kemenangan Jerman.

Comments
Loading...